7 Manfaat Buah Anggur bagi kesehatan

Destiara Anggita Putri
18 November 2022, 16:17
Manfaat Buah Anggur
Unsplash

Anggur merupakan salah satu buah populer karena memiliki rasa yang enak serta mudah mudah ditemukan di pasaran. Buah ini sendiri memiliki banyak jenis yaitu anggur hijau, merah hitam, kuning, dan merah muda.

Anggur  juga bisa dimakan dengan berbagai cara yaitu dengan memakannya langsung, jus, agar-agar, sehingga bisa diolah menjadi kismi. Selain rasanya enak, anggur juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Lantas, apa saja manfaat tersebut? Berikut ini informasi tujuh manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan Gen Pembasmi Kuman

Manfaat pertama dari buah anggur adalah dapat membantu meningkat gen pembasmi kuman. Hal ini telah dibuka oleh penelitian di Amerika Serikat dimana dilakukan pengujian terhadap beberapa senyawa  dan mencari hubunganya dengan aktivitas gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP) 

Gen CAMP sendiri merupakan gen yang memproduksi protein yang dapat membantu membasmi infeksi bakteri. Dalam penelitian ini, mereka menemukan dua senyawa yang dapat meningkatkan aktivitas dari CAMP yaitu resveratrol dan pterostilbene

Senyawa resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur sehingga bisa ditemukan juga pada minuman anggur. Sementara itu, pterostilbene banyak terkandung pada buah bluberi dan anggur. 

Mengendalikan Gula Darah

Mengkonsumsi buah anggur juga dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini dikarenakan buah anggur memiliki indeks glikemiks rendah sehingga tidak akan menyebabkan gula darah melonjak secara tiba tiba.

Selain itu, mengutip dari Nutrition Data, 151 gram anggur hanya mengandung 23 gram gula sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Biological Research.

Para peneliti ini melakukan penelitian selama 16 minggu dan 38 pria yang menderita diabetes. Hasilnya mereka menemukan bahwa kadar gula darah partisipan menurun setelah rutin mengkonsumsi 20 anggur setiap hari.

Hal ini terjadi karena anggur mengandung resveratrol yang mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh mengalami obesitas. Selain itu, senyawa ini juga mampu mencegah terjadinya kondisi resisten insulin.

Kondisi resisten insulin merupakan suatu kondisi dimana  tubuh tidak mampu mencerna gula darah sehingga bisa memicu tubuh terserang diabetes.

Jadi bila Anda ingin mengontrol kadar gula dalam darah maka sebaiknya Anda menambahkan anggur ke dalam menu sehari-hari. 

Mencegah Kanker

Bila Anda tidak ingin terserang kanker, maka sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi buah anggur. Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

Resveratrol sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tnr dan kenaker. Hal ini terutama yang tumbuh pada payudara, lamug, hai, dan getah bening.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...