Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan Bisnis

Dwi Latifatul Fajri
21 November 2022, 23:33
Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan
Pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi menulis surat perjanjian kesepakatan

Surat perjanjian kesepakatan berfungsi sebagai kebebasan berkontrak. Beberapa pihak bebas membuat kontrak sepanjang perjanjian tidak bertentangan dengan undang-undang, ketertiban umum, dan kesusilaan.

Berdasarkan pasal 1338 ayat 1 KUH Perdata, menjelaskan tentang perjanjian. Bunyi pasal yaitu "setiap perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya"

Surat perjanjian merupakan persetujuan kedua belah pihak, berdasarkan aturan yang berlaku. Surat perjanjian ini dibuat untuk berbagai keperluan. Contohnya surat perjanjian jual beli tanah, kerjasama, jual beli rumah, kontrak kerja, utang piutang, dan masih banyak lagi.

Surat Perjanjian Kesepakatan

Surat perjanjian kesepakatan umumnya dipakai untuk perusahaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesepakatan berasal dari kata sepakat. Arti sepakat yaitu setuju, sependapat, dan mufakat. Kata sepakat ini dipakai dalam musyawarah atau perundingan.

Mengutip dari Gramedia.com, surat kesepakatan bersama adalah hasil perundingan yang diselenggarakan oleh perusahaan, pengusaha, atau serikat pekerja. Selain itu surat perjanjian kesepakatan dipakai untuk jual beli aset tertentu.

Surat perjanjian kesepakatan ini untuk mengatur, melindungi hak, dan kewajiban pihak yang bekerjasama. Isi dalam surat untuk mencegah kedua belah pihak berselisih. Selain itu isi surat menjelaskan pokok permasalahan dan kesepakatan pihak.

Tujuan surat perjanjian kesepakatan ini untuk mencapai tujuan yang sama. Pihak menggunakan surat perjanjian sebagai pedoman untuk kerjasama, serta memahami batasan terkait hak dan kewajiban. Surat perjanjian kesepakatan ini berdasarkan undang-undang dan resmi di dalam hukum. Pihak perlu menandatangani surat perjanjian dengan materai.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...