Memahami Majas Metonimia dan Retorika Beserta Contoh Kalimat

Dwi Latifatul Fajri
30 November 2022, 09:47
Memahami majas metonimia dan majas retorika
Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi Buku

Majas adalah materi yang dipelajari dalam bahasa Indonesia. Arti majas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah gambaran sesuatu dengan jalan menyamakan sesuatu yang lain. Secara singkat majas adalah kategori gaya bahasa yang menunjukkan kiasan.

Majas dapat mempercantik susunan kalimat. Hal ini menimbulkan kesan untuk pembaca dan lawan bicara. Penggunaan majas ini ada dalam karya sastra kebahasaan. Selain itu majas menghasilkan kesan imajinatif untuk pembaca.

Advertisement

Contohnya saja penggunaan majas dalam puisi, cerpen, pantun, dan novel. Kalian pasti menemukan beberapa majas yang berbeda. Dalam kalimat penggunaan majas ini menarik perhatian ketika dibaca.

Selain karya sastra, majas juga ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan beberapa orang tidak menyadari jika ucapan kalimat yang dilontarkan mengandung majas.

Contohnya saja pengungkapan merek populer dalam kalimat. Pengungkapan merek populer ini dikenal sebagai majas metonimia. Ada juga majas retorika berupa pertanyaan yang dilontarkan.

Majas Metonimia

Apa itu Majas Metonimia? Majas metonimia adalah jenis majas menggunakan label merek dagang untuk menggantikan benda dalam kalimat. Majas metonimia juga mengemukakan sesuatu untuk menggantikan sifat, nama, atau sesuatu yang menjadi ciri khas dari benda tersebut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement