7 Jenis Kritik Karya Seni Rupa berdasarkan Fungsi dan Titik Tolaknya

Ghina Aulia
30 November 2022, 15:51
Jenis Kritik Karya Seni Rupa
Pixabay
Ilustrasi lukisan.

Seni menjadi salah satu media dalam mengekspresikan diri. Tak heran ketika seni memiliki banyak jenis. Hal tersebut menggambarkan ekspresi beragam dari banyak orang.

Adapun definisi seni menurut Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis. Menariknya, Tolstoy justru tidak setuju apabila seni hanya diartikan sebagai aktivitas manusia yang menghasilkan sesuatu yang indah. Menurutnya juga, seni mampu membangkitkan perasaan yang pernah dialami oleh dirinya sendiri.

Advertisement

Lebih jelasnya, seni mampu mendefinisikan sesuatu yang tidak dapat dikomunikasikan dengan kata-kata. Melainkan diimplementasikan dengan tanda eksternal yang dapat diinterpretasikan penikmatnya dengan caranya sendiri.

Tak heran ketika karya seni tidak bisa luput dari namanya kritik. Salah satu penyebabnya karena interpretasi individu yang berbeda-beda. Biasanya dipengaruhi oleh referensi dan pengalaman masing-masing.

Pada tulisan ini, Katadata.co.id akan menguraikan jenis kritik karya seni rupa yang biasanya dilakukan. Jenis-jenis tersebut terbagi menjadi dua kategori yang di dalamnya terbagi ke dalam beberapa kategori lagi.

Menentukan kritik karya seni rupa turut didasari oleh fungsi. Jenis kritik ini lebih berfokus pada kegiatan mengkritisi karya seni dari segi esensi bagi kalangan tertentu, termasuk untuk publik secara umum.

Sedangkan kritik berdasarkan titik tolaknya lebih menyorot unsur-unsur tertentu dari fisik karya seni tersebut. Misalnya visual, judul, tema dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pembahasan mengenai kritik karya seni rupa yang berhasil dirangkum dari Modul yang diterbitkan Universitas Pendidikan Indonesia:

Jenis Kritik Karya Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

1. Kritik Jurnalistik

Jenis kritik karya seni ini hasil penilaiannya disampaikan secara terbuka kepada publik. Dilansir dari situs Gramedia.com, kritik jurnalistik biasanya disampaikan melalui media publik. Contohnya seperti media massa. Sebut saja koran dan portal berita online. Adapun ciri-ciri kritik jurnalistik adalah berikut ini:

a. Ditujukan untuk pembaca media massa atau online
b. Berada di kolom tertentu di surat kabar
c. Waktu penulisan terbatas dan tidak timeless
d. Dapat berperan sebagai pemberitaan.

2. Kritik Populer

Jenis kritik karya seni ini ditujukan kepada publik dan sifatnya memang lebih umum. Selain bersifat kritik, tujuannya juga sebagai publikasi karya seni tersebut. Penulisan kritik populer cenderung lebih santai dan sederhana agar mudah dipahami oleh orang kebanyakan. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement