Karya Seni Daerah Bercorak: Pahat, Lukis, dan Kriya

Ghina Aulia
1 Desember 2022, 16:45
Karya seni daerah bercorak
pexels
Ilustrasi membatik.

Istilah seni biasa digunakan untuk menggambarkan segala hal yang memiliki keindahan. Karya seni juga mengandung nilai estetika dan makna di dalamnya.

Quraish Shihab dalam bukunya Wawasan Al-Qur’an (1996) mendefinisikan, seni adalah keindahan. Seni merupakan ekspresi ruh dan budaya manusia yang mengandung serta mengungkapkan keindahan. Seni lahir dari sisi terdalam manusia didorong oleh kecenderungan seniman kepada yang indah, apapun jenis keindahan itu.

Dalam Dasar-Dasar Kritik Seni Rupa (1979), Sudarmadji juga menerangkan bahwa seni bukan hanya sebuah karya, tetapi juga tumbuh menjadi sebuah manifestasi batin yang di dalamnya mengunggah pengalaman yang memiliki keindahan dengan menggunakan berbagai media dalam berkesenian seperti media bidang, garis, warna, volume, dan gelap terang.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hasil dari ekspresi dan budaya manusia. Seni juga mengandung keindahan yang disusun dengan media.

Kali ini, Katadata.co.id akan membahas tentang karya seni daerah bercorak. Tepatnya adalah seni rupa.
Mengingat daerah-daerah di Indonesia umumnya memiliki kesenian yang beragam. Demikian juga dengan seni rupa.

Menariknya, khas seni rupa di tiap daerah juga dipengaruhi oleh lingkungannya. Kecenderungan tersebut justru menjadi sisi uniknya. Karya seni daerah bercorak biasanya terdapat pada seni pahat, lukis hingga kriya.

Jenis Karya Seni Daerah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis karya seni daerah yang berhasil dirangkum dari situs Grid.id:

1. Seni Pahat

Seni pahat merupakan cabang seni yang menghasilkan karya tiga dimensi. Biasanya teknik pahat dilakukan untuk membuat patung. Selain itu, pahat juga bisa diterapkan dengan kombinasi teknik modelling atau kasting (menggunakan cetakan). Sebagai salah satu karya seni daerah bercorak, patung dibentuk mirip dengan karakter tertentu. Baik karakter tokoh ataupun makhluk magis. Setelah itu, diberi corak atau warna.

Susanto dalam buku Diksi Seni Rupa Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (2011) menjelaskan, seni patung merupakan karya tiga dimensi yang memiliki bentuk dan dibuat dengan metode subtraktif, yaitu mengurangi bahan atau aditif, yakni menambahkan bahan. Berikut ini adalah contoh seni pahat khas Indonesia yang dikutip dari situs Gramedia.com:

a. Seni patung Suku Asmat Papua
b. Seni Patung Batak Toba, Simalungun, Pakpak Dairi dan Karo
c. Seni Topeng Batang Simalungun, Tapanuli, Pakpak Dairi dan Karo
d. Topeng Reog dari Jawa Timur
e. Seni patung Nias
f. Seni ukir dari Toraja
g. Seni ukir Suku Asmat
h. Miniatur dari Sulawesi Selatan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...