Ini Perbedaan Karya Montase dan Karya Mozaik, Beserta Penjelasannya

Ghina Aulia
1 Desember 2022, 16:20
Jelaskan perbedaan dari karya montase dan karya mozaik.
Peakpx
Ilustrasi montase.

Seni adalah salah satu media untuk mengungkapkan ekspresi. Ciri khas dari seni adalah nilai keindahan yang terkandung di dalamnya.

Salah satu seni yang populer adalah seni rupa. Singkatnya, seni rupa adalah cabang seni yang merangkum segala karya seni yang dapat dilihat oleh mata.

Susanne K. Langer dalam bukunya yang berjudul Problematika Seni (2006) mendefinisikan, seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. dengan kata lain, seni rupa merupakan proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Melalui buku Psikologi Fenomenologi Eksistensialisme (1990), Corrie Hartong mengungkapkan bahwa seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi sehingga orang lain bisa menikmatinya. Seni rupa merupakan suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Sementara itu, Kamaladevi Chattopadhyaya dalam buku Handicraft of India (2009) mendefinisikan, seni rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Seni rupa menjadi suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

Saat harus jelaskan perbedaan dari karya montase dan karya mozaik, Anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis karya seni rupa. Berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Montase dan Mozaik

Perbedaan montase dan mozaik sudah terlihat dari bahan pembuatannya. Selain itu, montase pada dasarnya sudah memiliki pola yang jelas. Caranya tinggal menempelkan gambar-gambar yang sudah terbentuk di titik tertentu. Sedangkan mozaik, kita harus menyusun kepingan untuk membentuk suatu objek.

Untuk mengidentifikasi perbedaan montase dan mozaik lebih jauh, di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya. Termasuk jenis dan manfaat dari montase dan mozaik.

Montase

Secara harfiah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Montase adalah komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur beberapa sumber; karya sastra, musik, atau seni yang terjadi dari bermacam-macam unsur; gambar berurutan yang dihasilkan dalam film untuk melukiskan gagasan yang berkaitan; pemilihan dan pengaturan pemandangan untuk pembuatan film.

Singkatnya, montase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan beberapa gambar yang sudah dibentuk lalu digabungkan menjadi satu. Proses penempelan dilakukan pada bidang atau latar tertentu.

Sementara itu, dalam buku Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik dan Aplikasi (2019) dijelaskan bahwa karya montase dibuat dengan cara menempelkan berbagai gambar yang sudah jadi. Gambar tersebut sudah ada pada mahalan, koran, kalender, media online dan lain sebagainya.

Teknik-teknik Montase

Berikut ini adalah berbagai teknik montase yang dirangkum buku Montase dan Pembelajaran (2018):

1. Montase Teknik Foto
Montase teknik ini menggunakan gambar-gambar tempelan yang berasal dari berbagai foto. Biasanya menggunakan foto manusia, pemandangan, hewan, dan lain-lain.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...