6 Rekomendasi Tempat Liburan di Bali Populer

Image title
Oleh Tifani
6 Desember 2022, 09:55
Tempat liburan di Bali,
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/hp.
Pemandu wisata memberi penjelasan kepada turis asing di kawasan obyek wisata Pura Taman Ayun, Badung, Bali, Kamis (12/3/2020).

Saat merencanakan liburan ke pulau Bali, hal pertama yang akan dicari adalah informasi mengenai tempat liburan di Bali. Bali menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia karena banyak hal seperti akomodasi yang mudah, kuliner yang beragam, area pulau yang nyaman, dan menawarkan banyak pilihan tempat liburan.

Tempat liburan di Bali yang wajib dikunjungi tersebar di hampir semua pelosok pulau Bali. Banyaknya tempat wisata menarik yang ada di pulau Bali, membuat waktu liburan 1 minggu di Bali tidak akan cukup untuk mengunjungi semua objek wisata yang ada.

Mengutip laman Disparda.baliprov.go.id, wisatawan yang liburan ke Bali dapat melihat keindahan pantai pasir putih, pura Hindu yang menawan, pemandangan gunung berapi, serta masih banyak pilihan lainnya. Setelah mendapatkan informasi mengenai tempat liburan di Bali, biasanya akan merencanakan tempat liburan yang akan kunjungi jauh lebih mudah.

Namun, bagi yang pertama kali liburan ke pulau Bali, kemungkinan besar tidak akan mengetahui objek wisata di Bali mana yang cocok untuk dikunjungi. Maka dari itu, berikut panduan tempat liburan di Bali sebagai referensi.

1. Pura Tanah Lot

Tanah Lot jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya daratan di tengah laut. Tanah berarti daratan, Lot artinya laut. Sesuai dengan namanya, saat liburan ke Pura Tanah Lot, disana akan menemukan pura yang berada di atas batu karang besar dengan latar belakang laut selatan.

Batu karang besar ini berada di tengah laut. Kemudian, pada saat air pasang, batu karang terlihat terpisah dengan daratan. Daya tarik utama dari Tanah Lot temple terdapat pada keindahan pemandangan matahari terbenam, dengan siluet pura Tanah Lot.

Berpadu dengan ombak laut selatan yang menerjang batu karang. Saat momen ini, akan terlihat banyak wisatawan yang akan mengambil foto dengan latar belangkang pura Tanah Lot.

2. Pura Uluwatu

Sebagian besar dari turis di Bali selalu tertarik liburan ke Pura Luhur Uluwatu. Keunikan serta daya tarik pura Uluwatu yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Pura uluwatu berlokasi di atas tebing tinggi di sisi barat daya, kira-kira 75 meter dari permukaan laut, sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan sunset di atas tebih tanpa halangan. Pura ini juga memiliki keunikan arsitektur yang terlihat berbeda dengan pura lain di Bali.

Area pura juga sangat tertata dan dijaga kebersihannya. Terdapat pementasan tarian Kecak Api di area luar Pura Uluwatu dengan latar belakang pemandangan sunset.

Saat di dalam area hutan area pura, pengunjung dapat melihat banyak kera abu-abu ekor panjang, seperti kera di Ubud Monkey Forest.

3. Pantai Kuta

Referensi tempat liburan di Bali selanjutnya adalah Pantai Kuta. Objek wisata pantai Kuta akan selalu masuk dalam daftar tempat wisata di kunjungi di pulau Bali bagi wisatawan.

Terkenal akan pemandangannya yang indah membuat Pantai Kuta ramai dikunjungi wisatawan. Tempat liburan ini juga menawarkan pemandangan pantai pasir putih dengan bentangan garis pantai sangat panjang, serta pemandangan sunset.

Kemudian, ombak di pantai Kuta lumayan besar dan cocok untuk aktivitas selancar pemula. Jika ingin berenang bersama anak-anak, maka harus selalu dalam pengawasan orang dewasa.

Aktivitas utama wisatawan saat liburan ke pantai Kuta adalah duduk santai di tepi pantai, berenang, jalan-jalan, dan melihat pemandangan sunset. Karena tingginya minat wisatawan liburan ke pantai Kuta, maka hampir setiap hari jalan raya sekitar pantai Kuta akan terjadi kemacetan.

Selain daya tarik pantai pasir putih, fasilitas pariwisata di sekitar area tempat wisata Kuta sangat lengkap mulai dari akomodasi, tempat makan, pusat perbelanjaan, transportasi dan klub malam.

4. Pantai Sanur

Awal perkembangan pariwisata di Bali selatan dimulai dari objek wisata Sanur. Sanur merupakan tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi, karena sangat disukai wisatawan Indonesia yang menginginkan tempat wisata yang lebih tenang dan tidak ramai.

Obyek wisata Sanur Bali menawarkan pantai pasir putih, tetapi wisatawan tidak akan dapat melihat matahari terbenam di objek wisata Sanur. Melainkan matahari terbit yang dapat lihat di sini.

Air laut yang tenang dan pemandangan bawah laut yang masih alami, membuat pantai Sanur favorit wisatawan Indonesia untuk melakukan aktivitas yang disebut dengan nama seawalker Sanur.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan salah satu taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan. Wisata ini memang cukup populer, terlebih saat ini pembangunan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana telah berhasil diselesaikan.

Wisatawan bisa menikmati kemegahan patung karya I Nyoman Nuarta dan juga ditemani keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya. Tak hanya itu, area di sekitar GWK terdapat teater seni dimana bisa melihat berbagai jenis kesenian dan tarian bali setiap harinya.

6. Kebun Raya Bali

Jika Anda menikmati wisata selain pantai, maka cobalah untuk mengunjungi Kebun Raya Bali. Lokasinya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kebun Raya Bali tidak hanya difungsikan untuk kegiatan wisata, namun juga konservasi dan edukasi.

Pengunjung bisa berwisata sambil belajar selama berada di tempat wisata ini. Beberapa spot foto menarik di kebun raya bali untuk dikunjungi, seperti Taman Usada, Taman Surya Nirwana, Taman Paku, Ramayana Boulevard, dan Rumah Kaca Begonia.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait