Mengenal yang Dimaksud dengan Range adalah Kumpulan Sel

Ghina Aulia
12 Desember 2022, 16:52
yang dimaksud dengan range adalah,
Excel
Ilustrasi Excel.

Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang dikeluarkan oleh Microsoft. Perangkat lunak ini pertama kali digagas oleh Doug Klunder pada tahun 1985.

Pada awal terbitnya, Excel hanya dapat dioperasikan pada komputer Mac atau Macintosh. Dua tahun setelah itu, Microsoft kembali merilis versi terbaru dan dapat digunakan perangkat dengan sistem operasi Windows.

Excel memiliki fungsi yang kompleks namun tetap mudah dioperasikan. Fitur yang disediakan cukup lengkap untuk mengelola data berbasis angka.

Terkait denga hal itu, kali ini Katadata.co.id ingin membahas salah satu bagian dari Excel, yaitu range atau rentang. Istilah range merujuk pada sekumpulan sel yang disorot. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasannya yang berhasil dirangkum dari situs Dailysocial.

Apa itu Range di dalam Excel?

Adapun yang dimaksud dengan range adalah sekumpulan sel yang diperintahkan untuk memproses suatu data. Biasanya sel tersebut disorot atau block. Dengan begitu, hanya range tersebut yang memuat data yang akan dioperasikan. Range juga disebut dengan rentang.

Cara Membuat Range di Excel

1. Cara membuat Range dengan menyorot sel

a. Tarik dan seret sekumpulan sel yang ingin Anda sorot dengan menekan tombol kanan kursor
b. Itulah range yang akan digunakan

2. Cara membuat Range melalui Name Box

a. Klik Name Box pada bagian sudut kiri, tepat di atas keterangan kolom dan baris
b. Masukkan nama kolom baris yang ingin disorot

Demikian dua cara membuat range di Excel. Singkatnya, range juga bertujuan untuk menentukan sel yang ingin diterapkan fungsi tertentu agar tidak membingungkan. Mengingat worksheet yang ukurannya luas dan tidak terbatas.

Belajar Excel Pemula: Istilah-istilah di Excel

Tidak hanya range, Excel juga memiliki banyak bagian dan fitur penting lainnya. Berikut ini adalah bagian dan penjelasan pada Excel:

1. Title Bar
Title bar bisa disebut juga dengan baris judul yang berada di sisi paling atas.

2. Sel (Cell)
Sel terbentuk dari baris dan kolom, berupa kotak persegi panjang yang bisa disesuaikannya. Kolom diidentifikasikan dengan huruf, mulai A hingga Z. sedangkan Baris dilambangkan dengan angka, yaitu 1, 2, 3 dan seterusnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...