Mengenal Donald Pandiangan, Atlit Panahan di Google Doodle

Dwi Latifatul Fajri
14 Desember 2022, 21:19
Profil Donald Pandiangan Sebagai Robin Hood Indonesia
www.azizpedia.com
Donald Pandiangan

Donald Pandiangan menjadi ikon Google Doodle pada 12 Desember 2022. Donald Pandiangan adalah atlet olahraga panahan, dikenal sebagai Robin Hood Indonesia. Google Doodle Donald Pandiangan merupakan perayaan ulang tahun ke-77.

Selain atlet panahan, Donald Pandiangan juga menjadi pelatih. Kisah Donald Pandiangan ini diangkat menjadi film Tiga Srikandi.

Film 3 Srikandi menceritakan Donald Pandiangan menjadi pelatih panahan tiga perempuan. Mereka bertanding di Olimpiade 1988, di Seoul, Korea Selatan. Dalam film tersebut, Donald diperankan oleh Reza Rahadian.

Reza Rahadian
Reza Rahadian (Instagram.com/bookmyshowid)

Profil Donald Pandiangan

Donald Pandiangan lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada 12 Desember 1945. Robin Hood Indonesia ini mendapatkan segudang prestasi di bidang panahan.

Mengutip dari Trenasia.com, Donald mendapatkan 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panah. Medali emas ini didapatkan dari Olahraga Asia Tenggara (Sea Games). Donald menjadi juara Sea Games sebanyak 4 kali.

Nama lengkap Robin Hood Indonesia ini adalah Donald Djatunas Pandiangan. Donald anak kesepuluh dari sebelas bersaudara. Ketika kecil, dirinya bercita-cita menjadi insinyur tetapi terhalang masalah ekonomi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...