Mengenal Donald Pandiangan, Atlit Panahan di Google Doodle

Dwi Latifatul Fajri
14 Desember 2022, 21:19
Profil Donald Pandiangan Sebagai Robin Hood Indonesia
www.azizpedia.com
Donald Pandiangan

Donald Pandiangan menjadi ikon Google Doodle pada 12 Desember 2022. Donald Pandiangan adalah atlet olahraga panahan, dikenal sebagai Robin Hood Indonesia. Google Doodle Donald Pandiangan merupakan perayaan ulang tahun ke-77.

Selain atlet panahan, Donald Pandiangan juga menjadi pelatih. Kisah Donald Pandiangan ini diangkat menjadi film Tiga Srikandi.

Film 3 Srikandi menceritakan Donald Pandiangan menjadi pelatih panahan tiga perempuan. Mereka bertanding di Olimpiade 1988, di Seoul, Korea Selatan. Dalam film tersebut, Donald diperankan oleh Reza Rahadian.

Reza Rahadian
Reza Rahadian (Instagram.com/bookmyshowid)

Profil Donald Pandiangan

Donald Pandiangan lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada 12 Desember 1945. Robin Hood Indonesia ini mendapatkan segudang prestasi di bidang panahan.

Mengutip dari Trenasia.com, Donald mendapatkan 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panah. Medali emas ini didapatkan dari Olahraga Asia Tenggara (Sea Games). Donald menjadi juara Sea Games sebanyak 4 kali.

Nama lengkap Robin Hood Indonesia ini adalah Donald Djatunas Pandiangan. Donald anak kesepuluh dari sebelas bersaudara. Ketika kecil, dirinya bercita-cita menjadi insinyur tetapi terhalang masalah ekonomi.

Donald lalu bekerja di perusahaan transportasi. Dia bekerja dengan baik sampai perusahaan memberikannya satu set alat panahan. Alat tersebut mengubah kehidupan Donald, hingga berkarir menjadi atlet.

Karir sebagai atlet panahan dimulai ketika usianya 25 tahun. Dia menekuni olahraga panahan sampai mengikuti berbagai lomba. Setelah tiga tahun menjadi atlet panahan, dia mendapatkan medali emas pertama di Pekan Olahraga Nasional VIII 1973. Olimpiade tersebut diadakan di Surabaya.

Google Doodle Donald Pandiangan
Google Doodle Donald Pandiangan (Katadata)

 

Prestasi Donald Pandiangan terus berlanjut. Donald memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70 m pada PON IX 1977. Kemudian Donald mendapatkan medali emas pada 1977 sampai 1987 di Sea Games.

Setelah menjadi atlet panahan, Donald menjadi pelatih trio Srikandi Indonesia. Julukan trio Srikandi ini diberikan pada Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani.

Trio Srikandi berhasil mendapatkan medali perak di Olimpiade Seoul pada 1988. Mereka berhasil mendapatkan medali pertama sepanjang Indonesia mengikuti olimpiade olahraga. Berdasarkan Wikipedia, Donald Pandiangan tutup usia di 62 tahun, pada 20 Agustus 2008 karena menderita stroke.

Advertisement
Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait