Memahami Jenis Perubahan Energi yang Terjadi Pada Baterai

Dwi Latifatul Fajri
15 Desember 2022, 17:06
Perubahan energi yang terjadi pada baterai adalah perubahan kimia ke listrik
Pixabay.com/Sebastian Ganso
Ilustrasi Perubahan Energi

Energi adalah kemampuan suatu benda melakukan kerja (usaha). Berdasarkan sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam joule (J). Satuan energi yang lain adalah kalori atau kilokalori untuk menyatakan energi panas dan kimia. Satuan energi kalori ini terkandung dalam makanan.

Energi terjadi pada benda mati dan makhluk hidup. Contohnya saja makanan dimakan manusia sebagai sumber tenaga. Terjadi perubahan energi kimia ketika proses berlari, berjalan, dan menulis.

Perubahan energi memberikan manfaat untuk manusia. Perubahan energi membantu kebutuhan sehari-hari. Proses perubahan energi ini terjadi pada benda-benda di sekitar. Contohnya saja senter dapat menyala karena baterai. Hal ini terjadi karena energi kimia yang diubah ke cahaya.

Jenis Perubahan Energi

1. Perubahan energi yang terjadi pada baterai

BATERAI PENYIMPANAN PANEL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA
BATERAI PENYIMPANAN PANEL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.)

Perubahan energi yang terjadi pada baterai melalui berbagai proses. Pertama perubahan energi kimia pada baterai berubah menjadi energi listrik. Kemudian energi listrik berubah menjadi energi gerak.

Contohnya saja penggunaan baterai pada mobil mainan. Setelah dimasukkan baterai, mobil mainan dapat bergerak. Jadi, perubahan energi yang terjadi pada baterai adalah perubahan energi kimia menjadi energi gerak dan listrik.

2. Perubahan listrik menjadi energi panas

Salah satu jenis perubahan energi listrik menjadi panas dapat terjadi pada setrika, microwave, kompor listrik, dan solder listrik. Sekarang ini peralatan kebutuhan rumah tangga menggunakan listrik yang diubah ke energi panas.

Perubahan energi listrik menjadi kalor (panas) ini karena alat menghasilkan elemen pemanas. Terdapat hambatan listrik yang membuat elemen pemanas dialiri arus listrik. Kemudian arus listrik ini berubah menjadi energi panas.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...