Gempa Cianjur, Presiden Prancis Hingga Turki Sampaikan Duka

Ira Guslina Sufa
22 November 2022, 07:36
Gempa Cianjur
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron di Denpasar, Bali, Rabu (16/11/2022).

Gempa berkekuatan 5,6 skala richter yang terjadi di Kabupaten Cianjur mendapat perhatian dari dunia internasional. Presiden Prancis Emmanuel Macron lewat akun twitternya @EmmanuelMacron pada Senin (21/11) menyampaikan rasa duka dan belasungkawa atas bencana yang terjadi di Cianjur.

“Pagi ini (Senin 21/11) Indonesia dilanda gempa bumi yang dahsyat dan mematikan. Pikiran tergerak untuk semua korban. Prancis bersatu,” tulis Macron seperti dikutip Selasa (22/11).

Sebelumnya, Macron baru menyelesaikan lawatan ke Indonesia untuk mengikuti KTT G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November lalu. Saat berkunjung ke Indonesia, Macron sempat menyampaikan rasa suka dan senangnya dengan indahnya alam dan keramahan masyarakat.

Ucapan duka dan solidaritas juga datang dari pemerintahan Turki. Kementerian Luar Negeri Turki lewat akun twitter resmi @MFATurkiye mengupload siaran pers pernyataan sikap atas bencana alam yang terjadi di Cianjur. 

“Kami belajar dengan duka mendalam bahwa banyak orang kehilangan nyawa dan banyak lagi yang terluka akibat gempa bumi di Jawa Barat Indonesia,” tulis Kementerian Luar Negeri Turki seperti dikutip Selasa (22/11). 

Dalam siaran pers itu, pemerintahan Turki menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Dukungan juga diberikan kepada pemerintah Indonesia agar bisa melakukan penanganan yang tepat dalam membantu korban. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...