Hakim Heran Ricky Rizal Malah Amankan Senjata Saat Disuruh Cari Yosua

Ade Rosman
5 Desember 2022, 16:39
Brigadir J
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal bersiap menjalani sidang lanjuutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Hakim pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memimpin sidang pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat mengaku heran dengan kesaksian yang disampaikan oleh Ricky Rizal. Salah satu kesaksian yang diragukan Hakim adalah penjelasan Ricky yang mengamankan senjata saat diminta mencari Brigadir J. 

"Kan dari awal saudara sudah mengamankan senjata. Kalau dari cerita saudara, tadi saudara Putri cuma menanyakan Yosua, tapi saudara mengamankan senjata itu gak masuk di akal," kata hakim dalam sidang dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer. 

Hakim Wahyu Iman Santoso yang memimpin sidang mengatakan keraguan akan cerita Ricky itu juga karena alasannya untuk mengamankan senjata karena takut terjadi sesuatu. 

Dalam kesaksiannya, Ricky bercerita pada 7 Juli saat sampai di kediaman Magelang ia masuk ke dalam rumah namun tidak ada orang di lantai bawah. Setelah itu ia naik ke lantai dua. 

Di lantai dua, Ricky menemukan Susi sedang duduk menangis, serta Kuat yang berdiri di sebelahnya. Menurut Ricky keadaan Kuat pada saat itu seperti cemas. Kuat kemudian bercerita kepada Ricky apa yang baru saja terjadi. 

"Saya samperin malah lari, terus saya lihat ke atas ibu sudah tergeletak, saya sempat kejar pakai pisau, lihat ibu, lihat ibu," kata Ricky, menirukan perkataan Kuat.

Setelah mendengar cerita Kuat, Ricky mengatakan ia menghampiri Putri yang dalam keadaan terbaring. Putri kemudian menanyakan keberadaan Yosua pada Ricky. 

Saat ditanya Ricky mengatakan tak mengetahui keberadaan Brigadir J. Ia kemudian mencari rekan kerjanya itu ke ruang tengah lantai bawah dan ke depan namun tidak menemukan orang yang dicari. Ricky kemudian mencari Yosua ke kamar belakang. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...