Sosok Agus Sujarno, Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung

Ira Guslina Sufa
7 Desember 2022, 15:12
bom bunuh diri
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Pemilik toko melihat area lokasi peristiwa bom bunuh diri yang telah diamankan anggota Polri di Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat bukan orang baru. Berdasarkan hasil penelusuran, pelaku bom bunuh diri yang tewas di lokasi kejadian terafiliasi dengan jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD)  Bandung.

“Dari hasil pemeriksaan sidik jari dan kemudian juga kita lihat dari face recognition identik menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah agus Sujarno dikenal Agus Muslim,” ujar Listyo dalam konferensi pers di Bandung Jawa Barat, Rabu (7/12).

Menurut Listyo, Agus sebelumnya pernah ditangkap karena terkait dengan kasus bom Cicendo. Agus ditahan di LP Nusakambangan dan menjalani hukuman penjara selama 4 tahun. Agus bebas pada akhir 2021 lalu. 

Lebih jauh Kapolri mengatakan saat bebas Agus masih masuk kategori teroris yang belum lolos menjalani program deradikalisasi dengan status merah. Agus dinilai masih tertutup dan belum bisa berkomunikasi dengan baik dengan lingkungan. 

Selain itu Listyo mengatakan berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara juga ditemukan kertas bertuliskan penolakan terhadap pengesahan Rancangan KUHP menjadi undang-undang. Protes penolakan berkaitan dengan adanya pasal yang disebut berkaitan dengan zina. 

Saat ini kepolisian terus melakukan penelusuran. Listyo mengatakan kepolisian akan melakukan pengembangan penyelidikan untuk mengetahui lebih jauh motif bom bunuh diri yang dilakukan Agus. 

“Saya minta pada seluruh rekan untuk bisa membantu kami dan seluruh tim agar bisa menuntaskan kasus ini secara maksimal. Seluruh satgas saya perintahkan untuk bergerak,” ujar Listyo. 

Bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, sekitar pukul 08.20 WIB. Sesaat kemudian, warga sekitar yang mendengar dentuman bom itu pun berhamburan ke luar bangunan.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait