Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Sukabumi, Ini Wilayah yang Terdampak

Ira Guslina Sufa
8 Desember 2022, 08:46
Gempa
Antara Foto/Rivan Awal Lingga
ilustrasi Petugas BMKG sedang bertugas

Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi di wilayah Sukabumi. Badan Meteorologi dan Geofisika melaporkan gempa terjadi pada Kamis (8/12) pukul 7.50 WIB. Gempa berada di titik 7.11 Lintang Selatan dan 106.99 BT. 

Menurut laporan BMKG titik gempa berada 22 kilometer sebelah Tenggara dari Kota Sukabumi Jawa Barat. Kedalaman gempa tercatat 104 kilometer di bawah permukaan tanah. 

BMKG melaporkan wilayah yang cukup merasakan gempa dengan skala MMI II sampai IV. Adapun daerah yang terdampak adalah MMI IV di Rancaekek, MMI III di Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, Sumedang, dan Cianjur. 

Beberapa daerah lain merasakan dengan skala II yaitu Cisolok, Sumur, Sukabumi, DKI Jakarta, Garut, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Bandar Lampung. 

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” ujar BMKG. 

Berdasarkan laporan BMKG setelah gempa pertama terjadi gempa susulan pada pukul 08.05 WIB, Gempa berkekuatan magnitudo 2,8 itu terjadi 50 kilometer di wilayah Barat Daya Kota Sukabumi. Adapun titik gempa 7.36 Lintang Selatan, dan 106.82 Bujur Timur. 



Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...