Profil Partai Buruh, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 6

Partai Buruh didirikan kembali oleh para pendiri yang berasal dari 4 Konfederasi serikat pekerja dan 50 serikat pekerja.
Ade Rosman
15 Desember 2022, 11:43
Partai Buruh
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Presiden Partai Buruh Said Iqbal (kiri) bersama Sekjen Partai Buruh Ferry Nurzarli (kanan) menunjukkan nomor urut enam saat penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 di Halaman KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Partai Buruh resmi menjadi salah satu partai peserta pemilu 2024 mendatang. Kepastian itu setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan Partai Buruh lolos bersama 16 partai politik lainnya menjadi peserta pemilu. 

Dari 17 partai politik peserta pemilu yang ditetapkan KPU, Partai Buruh mendapat nomor urut 6. Partai Buruh lolos bersama tiga partai baru lainnya yaitu Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garda Perubahan Indonesia. Partai buruh pertama kali didirikan pada 28 Agustus 1998. Hingga saat ini sudah mengikuti tiga pemilihan umum, meskipun tidak pernah lolos ke parlemen. 

Dikutip dari laman resminya, partai Buruh dibangun dan didirikan kembali oleh para pendiri yang berasal dari 4 Konfederasi serikat pekerja terbesar. Partai juga berasal dari 50 Federasi serikat pekerja tingkat nasional, forum guru dan tenaga honorer, dan organisasi petani serta nelayan terbesar di Indonesia.

Partai Buruh menyelenggarakan Kongres IV pada tanggal 4-5 Oktober 2021 di Jakarta, Kongres terakhir diikuti perwakilan dari 34 provinsi dan perwakilan kabupaten dari seluruh Indonesia. Pada kongres tersebut dihasilkan kepengurusan komite eksekutif, untuk periode tahun 2021-2026. 

"Dalam Kongres, Said Iqbal (terpilih) sebagai Presiden Partai Buruh. Sedangkan Wakil Presidennya adalah Agus Supriyadi," dikutip dari laman partaiburuh.or.id, Rabu (14/12). 

Adapun, Sekretaris Jenderal partai Buruh yaitu Ferri Nuzarli, Bendahara Umum Luthano Budyanto, Ketua Badan Pendiri (Majelis Rakyat) Sonny Pudjisasono, Ketua Majelis Nasional Agus Ruli Ardiansyah, serta Ketua Mahkamah Partai Riden Hatam Aziz.

 

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait