BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Pasang Hingga 4 Meter

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2023, 09:58
BMKG gelombang pasang
ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.
Gelombang laut menghantam pondok di pesisir pantai wisata Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (27/5/20210).

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, Eko Prasetyo mengimbau warga yang tinggal atau beraktivitas di daerah pesisir mewaspadai potensi munculnya gelombang setinggi hingga empat meter. Gelombang tinggi diperkirakan bisa terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia dari 22 sampai 23 Januari 2023.

Menurut Eko, dalam dua hari ke depan angin dominan bergerak dari utara ke timur laut dengan kecepatan 8-20 knot di wilayah Indonesia bagian utara. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Selatan angin dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 6-25 knot.

Advertisement

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sangihe, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Agats, Laut Arafuru bagian timur," kata Eko seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/1). 

Lebih jauh Eko menjelaskan, kondisi tersebut berpotensi menimbulkan gelombang setinggi 1,25 sampai 2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, dan perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai. Kondisi serupa juga terjadi di perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, dan  Selat Sunda bagian barat dan selatan. Wilayah Jawa dan Nusa Tenggara juga akan merasakan gelombang pasang di perairan selatan Banten-Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, dan perairan selatan Pulau Sumba.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Samudera Hindia selatan Banten-Nusa Tenggara Timur, perairan selatan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, dan Laut Natuna. Wilayah di perairan Kepulauan Seribu, Laut Jawa bagian barat, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan selatan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud juga terdampak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement