Cerita Ganjar Lelang Sepeda Rp 1,1 Miliar untuk Dukung Atlet SOIna

Ade Rosman
26 Januari 2023, 11:21
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melelang sepedanya untuk mendukung atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) yang akan bertanding di Special Olympics World Summer Games di Berlin, Jerman. Sepeda lipat jenis e-bike berwarna hitam-oranye tersebut terjual senilai Rp 1,1 miliar.

Ganjar mengatakan, sepeda yang ia lelang merupakan sepeda spesial. Sepeda itu ia peroleh setelah salah satu pabrik sepeda datang langsung dan menawarkan dan dipesan khusus oleh Ganjar yang memang suka bersepeda.

"Ini cari di pabrik yang buat gak bakal ada, soalnya ini saya pesan khusus dan ada nama saya diukir di sepeda ini," kata Ganjar, di Jakarta, Rabu (25/1) malam.

Atas penawaran dan kesepakatan nilai jual sepeda tersebut, Ganjar pun diminta untuk bergabung menyanyikan lagu diiringi Elek Yo Band, grup musik yang dipimpin Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi. Mereka bersama-sama menyanyikan dua lagu di atas panggung, yaitu 'Bento' milik Iwan Fals serta 'Yogyakarta' yang dipopulerkan  KLa Project.

Selain sepeda milik Ganjar, beberapa barang lain milik Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menpora Zainudin Amali, serta Menpan-RB Azwar Anas juga ikut dilelang dalam acara tersebut.

Special Olympics merupakan organisasi internasional dalam bidang olimpiade olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual. Indonesia bergabung menjadi anggota ke-79 Special Olympics pada 9 Agustus 1989, dengan nama Special Olympics Indonesia (SOIna).

Adapun, dalam struktur organisasi SOIna kini, Ganjar menempati posisi Ketua Dewan Pembina. Diagendakan pada 17-25 Juni 2023 mendatang, para atlet tersebut akan mengikuti ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...