GP Mania Pendukung Ganjar Capres Bubar, PDIP Tak Mau Digebuk Lagi

Ade Rosman
8 Februari 2023, 18:45
Ganjar Pranowo Capres
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Seniman melukis bersama saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Plaza Ngasem, Yogyakarta, Jumat (28/10/2022).

Jaringan relawan pendukung Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden 2024 yang tergabung dalam GP Mania bubar. Pembubaran GP Mania dikonfirmasi oleh Ketua Umum Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer. 

Menurut Immanuel pembubaran GP Mania sekaligus menandai berakhirnya dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Meski begitu Immanuel belum menjelaskan lebih jauh alasan pembubaran GP Mania karena akan disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers Kamis (9/2).

“Ini (pembubaran) berlaku nasional untuk seluruh GP Mania di berbagai provinsi,” ujar Immanuel saat dikonfirmasi.  

Ia mengklaim perwakilan Ganjar Pranowo Mania dari berbagai daerah akan hadir saat konerensi pers. Saat ini setidaknya relawan Ganjar Pranowo Mania sudah ada di 18 provinsi meliputi 6 Provinsi di Pulau Jawa, Papua, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, dan Kalimantan. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Abdullah Said mengatakan pembubaran GP Mania tak berkaitan dengan partainya. Meski Ganjar Pranowo merupakan kader partai banteng, namun menurut Abdullah bukan berarti PDIP terlibat.

Di sisi lain, Said melihat kehadiran relawan ada yang justru membuat kontra produktif pada partai. Menurut Said, kelompok relawan seharusnya tidak mengintervensi kebijakan partai seperti yang sebelumnya dilakukan GP Mania dengan menyorong-nyorongkan Ganjar sebagai calon presiden. 

"Yang kami harapkan para relawan ini kalau memang butuh Ganjar untuk dicalonkan PDIP jangan PDIP digebuk terus sama relawan," kata Said kepada wartawan di kompleks parlemen, Rabu (8/2).

GP Mania sebenarnya belum terlalu lama berdiri. Immanuel Ebenezer menginisiasi berdirinya GP Mania pada November 2022. Deklarasi dukungan terhadap Ganjar muncul di tengah adanya perbedaan pendapat di internal PDIP dalam menentukan calon presiden yang akan diusung. 

Selain dukungan terhadap Ganjar, sebagian politikus PDIP mendukung Puan Maharani sebagai calon presiden. Belakangan para elit PDIP tak lagi berpolemik soal siapa bakal capres yang diusung pada pilpres dan menyerahkan sepenuhnya penentuan calon presiden pada Ketua Umum partai Megawati Soekarnoputri.

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait