Argentina Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Ganti Indonesia

Ira Guslina Sufa
27 Maret 2023, 10:51
Argentina siap gantikan posisi Indonesia FiFA u20
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Delegasi FIFA meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).

Argentina mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 menggantikan posisi Indonesia. Mengutip situs sepakbola Argentina Mundo Albiceleste tawaran untuk menjadi tuan rumah sudah dilayangkan asosiasi sepakbola Argentina atau Argentine Football Association (AFA). 

Tawaran dari Argentina muncul setelah konfederasi sepak bola dunia atau FIFA menangguhkan pengundian laga yang seharusnya digelar Sabtu (25/3). Penangguhan terjadi seiring polemik politik atas penyelenggaraan laga yang akan diikuti oleh Israel sebagai salah satu peserta Piala Dunia U20. 

Advertisement

“AFA telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut dan jika diadakan di Argentina, itu berarti sebagai tuan rumah, mereka akan hadir di turnamen tersebut,” tulis Mundo Albiceleste seperti dikutip Senin (27/3). 

Dalam babak kualifikasi wilayah Amerika Selatan tim nasional U20 Argentina gagal lolos ke babak final. Bila menjadi tuan rumah Argentina yang baru saja memboyong piala dunia 2022 itu bisa langsung ikut dalam pertandingan memperebutkan tropi juara dunia sepakbola U20. 

Sebelumnya FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U20 di Bali pada Sabtu pagi (25/3), meski belum memberikan surat resmi kepada PSSI. Acara drawing ini untuk mengundi grup para peserta Piala Dunia U20. 

Acara Drawing awalnya direncanakan berlangsung di Bali pada 31 Maret. Namun penolakan untuk menerima timnas Israel yang dilontarkan oleh Gubernur Bali serta Pemerintah Provinsi Bali berujung pada pembatalan acara ini.

"Memang kami belum mendapatkan surat resmi dari FIFA. Tapi pesannya jelas bahwa dibatalkan," kata Anggota komite eksekutif Arya Sinulingga pada konferensi pers yang berlangsung di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (25/3). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement