Pimpinan Partai KIB Gelar Pertemuan Tentukan Nasib Koalisi Besar

Ira Guslina Sufa
25 April 2023, 09:36
KIB
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara (kiri) saat Pemantapan Visi dan Misi Koalisi Indonesia Bersatu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengubah konstelasi politik jelang pemilihan presiden 2024 mendatang. Pimpinan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu pun segera menggelar pertemuan. 

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi membenarkan bahwa pimpinan KIB akan melakukan pertemuan pada Kamis (27/4). Pertemuan itu menurut Viva salah satunya akan membahas sikap politik usai deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres oleh PDIP. 

"Insya Allah, PAN, Golkar, PPP (KIB) akan bertemu dalam silaturahmi lebaran di Jakarta pada hari Kamis, 27 April 2023," ujar Viva, Senin (24/4).

Meski begitu, Viva belum mengungkapkan di mana lokasi pertemuan. Ia menuturkan pada pertemuan itu, KIB akan membicarakan arah politik usai pencapresan Ganjar Pranowo.

Selain itu menurut Viva KIB juga akan mematangkan proses pengambilan keputusan dalam menetapkan pasangan calon yang akan diusung pada pilpres. Termasuk menindaklanjuti rencana pembentukan koalisi besar bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang beranggotakan Partai Gerindra dan PKB.

"Iya, salah satu yang akan didiskusikan," ujar Viva. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...