Hasil Akhir SEA Games 2023: Indonesia Peringkat Tiga, Kantongi 87 Emas

Ira Guslina Sufa
17 Mei 2023, 07:30
Hasil Akhir Sea Games 2023
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Atlet angkat besi Indonesia Juliana Klarisa menunjukan medali emas usai upacara penghargaan pemenang pada perlombaan kelas 55 kilogram putri SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (14/5/2023).

Indonesia menempati peringkat tiga klasemen medali SEA Games 2023. Kontingen Indonesia membawa pulang 87 medali emas usai tim nasional sepak bola menyumbang medali emas terakhir bagi kontingen Merah Putih, Selasa (16/5) malam. 

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja itu, anak asuhan Indra Sjafri akhirnya berhasil merebut emas pada babak final melawan Thailand setelah melalui perpanjangan waktu dengan skor akhir 5-2. 

Advertisement

Cabang olahraga bulu tangkis juga memborong emas pada hari terakhir penyelenggaraan SEA Games 2023. Medali emas diboyong ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana, dan tunggal putra Christian Adinata.

Pundi-pundi medali emas Indonesia juga bertambah dari Randa Riandesta menjadi yang terbaik di kelas 79 kg putra gaya bebas cabang olahraga gulat. Juga ada Aero Sutan Aswar menyumbang emas satu-satunya dari cabang olahraga jet ski.

Tambahan emas bagi Indonesia juga didapat dari regu voli pantai usai menundukkan Thailand di laga final. Juga ada dua atlet kick boxing Diandra Ariesta Pieter di nomor Kick Light 54kg Putri dan Toni Hutapea di nomor Full Contact 54kg putri.

Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan berada di peringkat ketiga, meraih total perolehan 276 medali. Berdasarkan data panitia SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC), kontingen Merah Putih mengumpulkan 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Peringkat Indonesia, yang berada di posisi ketiga pada SEA Games 2023 Kamboja tidak berbeda dari yang didapat saat SEA Games Vietnam tahun lalu. Namun, kontingen Merah Putih berhasil meraih lebih banyak emas dan medali pada SEA Games edisi kali ini. Sebagai perbandingan, Indonesia bertengger di peringkat tiga SEA Games Vietnam dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 81.

Pemilik peringkat pertama perolehan medali SEA Games 2023 jatuh pada Vietnam dengan total 355 medali. Peringkat kedua dipegang oleh Thailand dengan 312 medali. Sementara, sang tuan rumah Kamboja harus puas berada di peringkat keempat perolehan medali SEA Games 2023 dengan total 281 medali.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement