PAN Sodorkan Nama Muhadjir jadi Cawapres, Geser Dominasi Erick Thohir

Ade Rosman
29 Agustus 2023, 07:15
PAN
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) memberikan sambutan saat perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan memperkenalkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dengan sebutan ‘Cawapres PAN’. Nama Muhadjir disebut setelah Zulkifli memperkenalkan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. 

Zulkifli mulanya memperkenalkan jajaran petinggi partai yang hadir dalam agenda tersebut. Termasuk juga para petinggi partai Koalisi dan tokoh yang hadir dalam agenda itu. Namun, pria yang disapa Zulhas ini sengaja tak langsung mengenalkan Erick Thohir, meskipun para kader telah saling bersahutan meneriakkan 'Erick Thohir - calon wakil presiden'.

"Jadi calon wapres dari PAN? Pak Erick, Gimana? Dan Pak Muhadjir," kata Zulkifli dalam sambutan perayaan HUT PAN ke-25 di Hotel Sultan Jakarta, Senin (28/8) malam yang dihadiri Prabowo Subianto. 

Masuknya nama Muhadjir dalam bursa cawapres yang diusulkan PAN menggeser dominasi Erick Thohir. Sebelumnya dalam berbagai kesempatan Zulhas mengatakan bahwa Erick menjadi cawapres unggulan dari PAN. 

Zulhas menyebut Erick Thohir cocok menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo karena telah teruji kepemimpinannya. Zulhas pun mengapresiasi kinerja Erick selaku Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurutnya, prestasi Timnas Sepakbola Indonesia di tangan Erick Thohir menjadi luar biasa.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...