Surya Paloh: Duet Anies - Muhaimin Belum Resmi, Koalisi Masih Ada

Ira Guslina Sufa
1 September 2023, 06:08
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) memberikan keterangan pers terkait pemilihan Ketua Umum Partai PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres pasangan Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jalan Gondangdia, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh membenarkan adanya wacana menduetkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar untuk diusung pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Namun menurut dia, keputusan itu belum resmi sebagai sebuah kebijakan.

“Kemungkinan ke arah itu bisa saja terjadi tapi saya pikir belum terformalkan sedemikian rupa, jadi kami tunggu perkembangan satu dua hari ini," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (31/8) malam.

Lebih jauh Surya menjelaskan bahwa ia belum secara resmi memberikan persetujuan soal pasangan duet tersebut. "Kalau persetujuan dalam arti mengangguk-angguk aja kan belum tuntas sepenuhnya ya," ujar Surya.

Seiring dengan belum adanya keputusan resmi itu, Surya mengatakan ia meyakini bahwa hingga kini Koalisi Perubahan dan Persatuan masih ada. Koalisi terdiri dari Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.  

"Sampai hari ini koalisi masih ada. Besok pagi masih ada atau setengah ada, kami belum tahu juga," kata Surya lagi. 

Di sisi lain ia mengatakan menyerahkan keputusan untuk menerima bergabungnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam koalisi Anies pada koalisi. Pembahasan untuk memperluas koalisi menurut dia akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Sementara itu, Surya mengaku tidak gembira mendengar kabar sikap Partai Demokrat yang merasa dikhianati dengan keputusan Anies memilih Muhaimin sebagai calon wakil presiden. Ia menyebut keputusan Demokrat sebagai hal yang tidak menggembirakan, 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...