Hutan Indonesia Harapan Dunia

Hutan Indonesia merupakan harapan dunia dalam mencegah krisis iklim.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
1 Oktober 2021, 18:14

Hutan Indonesia merupakan tiga besar tutupan hutan terluas di dunia dengan luas mencapai 142 juta hektare (ha) di tahun 2020. Sementara hutan terluas di dunia berada di hutan Amazon (468 juta ha) kemudian Cekungan Kongo (188 juta ha).

Tidak hanya menjadi hutan terluas, hutan Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati. Terdapat lebih dari 25 ribu jenis flora dan 200 ribu jenis fauna yang berada di hutan Indonesia. Selain itu, sekitar 7,8 juta hutan berada di wilayah adat dan dikelola oleh masyarakat adat. Hutan Indonesia juga turut ditargetkan dapat berkontribusi pada penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 17-23 persen pada 2030 mendatang.

Meski memiliki potensi yang besar, keberadaan hutan Indonesia masih terancam dari deforestasi dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pada 2019 silam, sebanyak 1,6 juta ha lahan terdampak karhutla dan melepaskan 708 juta ton CO2 emisi dari karhutla tersebut. Sementara tingkat deforestasi hutan di tahun 2020 mencapai 115 ribu ha. Perlindungan hutan Indonesia mendesak dilakukan guna mencegah terjadinya krisis iklim akibat peningkatan emisi gas rumah kaca.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.