Pendekatan Multipihak Kunci Pembangunan Tanah Papua

Kolaborasi multipihak menjadi aspek penting dalam pembangunan di Tanah Papua.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Publikasi Katadata
5 November 2021, 20:12

Kolaborasi multipihak merupakan faktor penting dalam percepatan pembangunan rendah emisi di Tanah Papua. Program Berkilau (Bersama Kita Lindungi Tanah Papua) yang diinisiasi oleh Lembaga Kemitraan menjadi wadah untuk kolaborasi tersebut.

Program ini memiliki beberapa tujuan. Salah satunya, mempercepat implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Kemudian mendukung kolaborasi para pemangku kepentingan, serta menyinergikan pembangunan rendah emisi di tingkat nasional dan sub-nasional.

Untuk mewujudkannya, Kemitraan mengidentifikasi beragam faktor pendukung dan penghambat pembangunan rendah emisi. Selanjutnya, melakukan sinergi pembangunan melalui diskusi multipihak dan mengembangkan rekomendasi kebijakan multi-level.

Terkait program ini, Kemitraan memprioritaskan beberapa agenda. Yakni dialog interaktif multi-pihak tentang pembangunan berkelanjutan dalam kerangka Otonomi Khusus Papua. Selanjutnya menyusun strategi penguatan pembangunan rendah emisi. Hingga mengintegrasikan hasil kajian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup pada perencanaan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.