BMKG Imbau Warga Waspada Hujan di Sejumlah Wilayah RI Hari Ini

Lavinda
Oleh Lavinda
17 Oktober 2021, 08:25
BMKG, Cuaca, Hujan
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/aww.
Awan gelap menggelayut di atas kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (27/5/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai kilat atau petir di sejumlah wilayah di Indonesia, pada Minggu (17/10) hari ini. 

Berdasarkan informasi peringatan dini BMKG, sejumlah wilayah Indonesia yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat atau petir. Salah satunya, DKI Jakarta. Masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari. 

Di Banten, waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang "Di sebagian besar wilayah kabupaten/kota Lebak, Pandeglang bagian utara dan tengah, Serang bagian Selatan, Tangerang bagian Selatan, dan Kota Tangerang Selatan," demikian tertulis di laman jejaring BMKG, Minggu (17/10).

Selain itu, di Aceh, waspadai potensi hujan lebat dan hujan badai terjadi diwilayah Aceh Tamiang, Bener Meriah, Tangse, Pidi Jaya, Tripe Jaya, dan sekitarnya. Di Bali, waspadai potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Bali bagian tengah dan utara.

Di Jawa Barat, masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang/sore hingga dini hari di kabupaten/kota dan Bogor, Sukabumi, Bekasi, Cianjur, Depok, Purwakarta, Karawang, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis dan Garut.

Di Jawa Timur, diperkirakan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari, di wilayah kabupaten/kota Blitar, Malang, Batu, Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso.

Di Bengkulu, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten/kota Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Di Jambi, berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten/kota Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Tebo, Bungo, Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Di Kalimantan Barat, diperkirakan hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah kabupaten/kota. Antara lain, Sanggau, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Singkawang, Bengkayang, Sekadau dan Landak.

Di Kalimantan Selatan, waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kab. Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan sekitarnya.

Di Kalimantan Tengah, waspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah.

Di Kalimantan Timur, waspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir di wilayah Muara Ancalong, Long Bagun, Kelay, Long Apari dan Maratua pada sore hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...