BMKG: Curah Hujan Meningkat saat Arus Balik Mudik Lebaran 2022

Lavinda
Oleh Lavinda
5 Mei 2022, 14:22
BMKG
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.
Kendaraan sepeda motor pemudik melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya peningkatan potensi curah hujan pada di beberapa wilayah selama periode arus balik mudik Lebaran 2022, yakni pada 5 - 9 Mei 2022. 

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada 5 Mei 2022, BMKG memonitor peningkatan curah hujan dipicu oleh adanya beberapa pola siklonal, yaitu di sekitar Samudera Hindia sebelah barat laut Aceh, perairan Maluku dan sebelah utara Kalimantan Utara.

"Selain itu adanya aktifitas Gelombang Atmosfer Rossby Wave yang aktif di sekitar Sumatera bagian utara juga turut memperkuat potensi peningkatan curah hujan tersebut," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam laporan tertulisnya, Kamis (5/5).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi pada periode 5 - 9 Mei 2022. Beberapa wilayah yang memiliki curah hujan antara lain, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, dan Papua.

Terkait cuaca penerbangan, Guswanto menjelaskan, hingga 9 Mei, potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus yang dapat berpengaruh terhadap kondisi penerbangan perlu diwaspadai.

Awan cumulonimbus dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75% terjadi di perairan barat Aceh, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...