Jasa Marga: H+3 Lebaran, 60% Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

Jasa Marga mencatat sebanyak 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada 22 April sampai 2 Mei 2022.
Image title
Oleh Lavinda
8 Mei 2022, 09:50
Jasa Marga
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Kepadatan kendaraan di jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 60% atau 1,2 juta kendaraan belum kembali ke Jabotabek pada H+1 sampai H+3 Lebaran, atau pada 3 - 6 Mei 2022.

Angka tersebut merupakan angka realisasi kendaraan yang kembali ke Jabotabek dibandingkan dengan kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada periode H-10 sampai H1 Lebaran 2022. Jasa Marga mencatat sebanyak 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada 22 April sampai 2 Mei 2022.

"Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815 ribu kendaraan yang kembali ke Jabotabek. Berarti masih ada sekitar 60% atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (8/5).

Jasa Marga memprediksi, Minggu (8/5) hari ini merupakan puncak arus balik di mana jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek mencapai sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6% dari lalu lintas normal periode November 2021.

Advertisement

Mengamati hal tersebut, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan agar lalu lintas kendaraan yang belum kembali ke Ibu Kota bisa terdistribusi dengan baik hingga pekan depan.

Perusahaan pengelola jalan tol milik negara ini menyarankan masyarakat untuk tidak pulang pada puncak arus balik. Hal ini mengingat adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022. 

"Namun, jika tetap pulang besok, kami mohon pengguna jalan untuk bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa,” ujar Heru.

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas melalui One Call Center Jasa Marga dan akun resmi Twitter Jasa Marga.

BUMN jalan tol ini juga mengingatkan pemudik untuk mempersiapkan, baik kendaraan maupun pengemudi agar berada dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait