Polisi Terapkan Jalan Satu Arah Tol Semarang sampai Cikampek Hari Ini

Selain memberlakukan jalan satu arah, Jasa Marga juga menerapkan perjalanan lawan arah atau contraflow di Jalan Tol Jakarta - Cikampek arah Jakarta.
Image title
Oleh Lavinda
8 Mei 2022, 12:03
Jalan Satu Arah
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Antrean kendaraan pemudik memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Minggu (8/5/2022).

Kepolisian RI memberlakukan kebijakan jalan satu arah atau one way mulai dari Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dikutip dari keterangan tertulis, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, selaku pengelola jalan tol mengatakan, kebijakan jalan satu arah diberlakukan sejak Minggu (8/5) hari ini, pukul 09.00 WIB.

Untuk mengoptimalkan one way, Jasa Marga juga memberlakukan perjalanan lawan arah atau contraflow dua lajur dari Km 66 sampai Km 47 dan contraflow satu lajur dari Km 47 sampai Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah timur yang terdampak one way arus balik," kata Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Minggu (8/5).

Advertisement

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat 60% atau 1,2 juta kendaraan belum kembali ke Jabotabek pada H+1 sampai H+3 Lebaran, atau pada 3 - 6 Mei 2022.

Angka tersebut merupakan angka realisasi kendaraan yang kembali ke Jabotabek dibandingkan dengan kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada periode H-10 sampai H1 Lebaran 2022. Jasa Marga mencatat sebanyak 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada 22 April sampai 2 Mei 2022.

"Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815 ribu kendaraan yang kembali ke Jabotabek. Berarti masih ada sekitar 60% atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” ujar Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5).

Jasa Marga memprediksi, Minggu (8/5) hari ini merupakan puncak arus balik di mana jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek mencapai sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6% dari lalu lintas normal periode November 2021.

Mengamati hal tersebut, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan agar lalu lintas kendaraan yang belum kembali ke Ibu Kota bisa terdistribusi dengan baik hingga pekan depan.

Jasa Marga mengimbau para pemudik untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Pengemudi juga bisa memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait