Beragam Upaya Ganjal Ganjar Jadi Capres PDIP

Rizky Alika
24 September 2022, 11:15
PDIP
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri ketiga) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan ketiga) menyebar apem saat Tradisi Sebar Apem Yaa Qawiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).

Nama Kader PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo masuk dalam bursa calon presiden (Capres). Meski begitu, pengamat menilai ada sejumlah upaya internal PDIP untuk menjegal Ganjar menjadi capres dari PDIP.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mengatakan, upaya itu kemungkinan dilakukan oleh Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR Puan Maharani.

"Bisa jadi ada langkah-langkah yang dilakukan oleh Puan dan tokoh PDIP untuk mengganjal Ganjar," kata Ujang kepada katadata, Jumat (23/9).

Menurutnya, upaya mengganjal itu merupakan hal yang biasa dalam politik. Sebab, PDIP dianggap menjadi milik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sementara Puan merupakan putri dari Megawati.

Secara rinci, berikut lima peristiwa yang dianggap merupakan langkah PDIP mengganjal Ganjar menjadi Capres 2024 :

1. Tak diundang pengarahan Kader menuju Pemilu 2024

Ganjar sempat tak diundang dalam pengarahan kader menuju Pemilu 2024 oleh Puan pada 23 Mei 2021. PDIP Jawa Tengah secara gamblang menganggap Ganjar terlalu berambisi maju pada Pemilihan Presiden 2024.

Mereka menilai sikap seperti ini tidak baik bagi keutuhan partai yang wajib tegak lurus pada perintah Megawati.

"(Ganjar Pranowo, red) 'wis kemajon' (kelewatan), 'yen kowe pinter, ojo keminter' (bila kamu pintar, jangan sok pintar-red)," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, Minggu (23/5) dikutip dari Antara.

Bambang yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu tersebut melihat sinyal ambisi Ganjar dari intensitasnya di media sosial dan media massa. Bahkan Ganjar juga menjadi ‘host’ di Youtube, sedangkan hal seperti ini tak dilakukan kader PDIP lainnya.

2. Tak diundang Halalbihalal DPD PDIP Jawa Tengah

DPD PDIP Jawa Tengah juga diduga tak mengundang Ganjar pada halal bihalal Lebaran 2022 pada 7 Mei 2022. Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Ganjar tak diundang karena acara itu hanya melibatkan kepala daerah dan struktur partai di tingkat kabupaten/kotadi Jawa Tengah.

Sementara, Ganjar mengaku dia tengah berada di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menghadiri suatu resepsi pernikahan saat acara halalbihalal berlangsung.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...