Produk Indihome dan Telkomsel Rilis Agustus, Target 5 Juta Pelanggan

Lavinda
Oleh Lavinda
26 Mei 2023, 06:10
Telkomsel
Telkomsel
Telkomsel merilis Program Rezeki Sakti Ramadan 2023. Program ini, memberikan penawaran spesial bagi pelanggan yang membeli paket internet tertentu minimal Rp 50.000 untuk mendapatkan voucher belanja dari merchant e-commerce atau gim mobile pilihan.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan nama untuk produk baru hasil gabungan antara Indihome dan Telkomsel yang akan dirilis Agustus 2023. Induk usaha menargetkan pencapaian 5 juta pelanggan dalam lima tahun pertama pelaksanaan bisnis Fixed Mobile Convergence (FMC) ini.

FMC adalah sebuah konsep yang menggabungkan jaringan mobile dan fixed broadband. Dengan menggunakan FMC, pengguna akan layanan internet secara terus-menerus, kapan pun dan di mana pun.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan pencapaian target 5 juta pelanggan dilakukan dengan penyilangan penjualan atau cross selling, baik untuk pengguna Indihome maupun pengguna Telkomsel. Menurut dia, pemasaran yang dilakukan tidak akan masif karena akan menggunakan skema one on one selling dengan sasaran utamanya adalah pengguna keluarga.

"Kalau dengan FMC ini kami bisa dapat selanjutnya 5 juta pelanggan dalam 5 tahun pertama dengan menyasar pelanggan eksisting. Bayangkan kalau kami gabungkan Indihome dan Orbit nanti yang kick off pemasarannya akan dilakukan pada Agustus mendatang," ujar Ahmad Reza dalam acara diskusi Indotelko bertajuk "Babak Baru Layanan Broadband Bersama Fixed Mobile Convergence" di Jakarta, dikutip Jumat (26/5).

Bagi Telkom, lanjutnya, sejalan dengan strategi korporasi, maka harus ada inovasi bisnis yang menguntungkan masyakarat dan negara. Telkom melihat besarnya peluang pasar di jaringan tetap atau fixed broadband karena penetrasinya baru 14% dibanding jaringan bergerak atau mobile broadband.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Reza memastikan tarif yang ditetapkan pada harga produk baru berada di antara rerata pendapatan per pengguna atau ARPU Indihome, dan ARPU Orbit, produk Telkomsel.

"Nantinya akan ada nama produk baru gabungan Indihome dan Telkomsel ini. Harga produk baru ini, juga tidak akan di atas ARPU Indihome di Rp 265.000 dan tidak akan di bawah ARPU Orbit Rp 70.000," jelasnya.

Analis BRI Danareksa Niko Margaronis mengatakan, ada perbedaan anatra layanan 5G dan FMC. Saat ini, kebutuhan penggunaan 5G di Indonesia belum banyak, yakni baru untuk segmen enterprise dan fixed wireless.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...