Xiaomi Jadi Perusahaan Terinovatif ke-29 versi BCG, Naik 2 Peringkat
Xiaomi menempati peringkat ke-29 dalam kategori 50 besar Perusahaan Paling Inovatif 2023 atau 50 Most Innovative Companies 2023 versi Boston Consulting Group (BCG). Perusahaan elektronik dan teknologi pintar asal Cina ini naik dua peringkat dari tahun sebelumnya.
Peringkat dalam 'Most Innovative Companies 2023' dari BCG diambil berdasarkan hasil survei lebih dari 1.000 eksekutif di lingkungan inovasi global yang dilakukan pada Desember 2022 sampai Januari 2023. Survei tersebut menilai kinerja perusahaan dalam empat kategori, yaitu pandangan dan visi global, penilaian lingkup industri, disrupsi industri, dan penciptaan nilai.
BCG merupakan perusahaan konsultasi manajemen asal Amerika Serikat (AS) yang berkecimpung dalam hal perkembangan pangsa pasar dan menerbitkan laporan inovasi tahunan sejak 2003.
Laporan tersebut mengidentifikasi perusahaan paling inovatif di dunia, menilai keadaan inovasi perusahaan secara keseluruhan, dan memeriksa bagaimana perusahaan mengatur, mengarahkan, dan menggerakkan inovasi mereka.
Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Selasa (30/5), pengakuan terhadap inovasi Xiaomi itu menjadi bukti komitmen perusahaan yang telah menginvestasikan sumber daya dan talenta untuk hasil yang berkelanjutan.
Pada kuartal I 2023, anggaran riset dan pengembangan Xiaomi meningkat sebesar 17,7% dibanding tahun sebelumnya, atau mencapai Rp 8,65 triliun.
hingga 31 Maret 2023, jumlah personel di divisi riset dan pengembangan Xiaomi mencapai sekitar 16.500 orang atau melebihi 50% dari total karyawan Xiaomi. Upaya ini menghasilkan lebih dari 32.000 paten di seluruh dunia.
Tak hanya itu, total investasi riset dan pengembangan pada 2023 diperkirakan akan melebihi Rp 42,2 triliun.
Dalam hal inovasi teknologi, perusahaan berupaya melakukan transformasi teknologi, termasuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).
Terbukti, pada April, Xiaomi resmi mendirikan tim AI Lab Foundation Model dan memiliki lebih dari 1.200 karyawan yang berhubungan dengan AI.
Perusahaan juga terus mengembangkan skenario penggunaan AI, memaksimalkan kemajuan teknologi, dan mengeksplorasi peluang dengan mitra potensial.
Xiaomi mengidentifikasi tahun 2023 sebagai tahun yang krusial untuk mempercepat pertumbuhan Xiaomi. Perusahaan tersebut berupaya memajukan strategi bisnis baru dengan fokus pada pengembangan berkualitas tinggi berlandaskan tekad mencapai kemajuan teknologi.