Profil dan Perjalanan BFI Finance yang akan Dikuasai Jerry Ng

BFI Finance terbentuk pada 1982 dengan nama PT Manufacturers Hanover Leasing Indonesia, dimiliki oleh perusahaan pembiayaan asal Amerika Serikat.
Image title
Oleh Lavinda
20 Januari 2022, 10:56
BFI Finance
Katadata
Jerry Ng berencana menguasai saham BFI Finance

Konglomerat Jerry Ng berencana menguasai 57,19% saham PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN). Rencananya, pemilik PT Bank Jago Tbk (ARTO) ini akan membawa perusahaan multifinance tersebut ke ranah digital.

Bagaimana profil BFI Finance dan kiprahnya di industri pembiayaan?

BFI Finance terbentuk pada 1982 dengan nama PT Manufacturers Hanover Leasing Indonesia, yang merupakan perusahaan hasil kerja sama antara pemegang saham lokal dan Manufacturers Hanover Leasing Corporation asal Amerika Serikat (AS).

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni pada Mei 1990 silam.

Advertisement

Saat Indonesia dilanda krisis moneter pada 1998 lalu, BFI Finance turut mengalami kesulitan keuangan. Namun perusahaan berhasil menjalankan proses restrukturisasi utang akibat krisis tersebut, meski akhirnya berganti nama dari Manufacturers Hanover menjadi BFI Finance Indonesia pada 2001.

Saat ini, 42,8% saham BFI Finance dimiliki oleh konsorsium Trinugraha Capital SA, yang terdiri dari TPG Capital Management dan Northstar Advisors Pte Ltd. Pemegang saham lainnya adalah investor publik 45,68%, DB Spore DCS A/C 5,23%, dan saham treasuri 6,28% saham.

Berdasarkan aktivitas bisnis, pada dasarnya BFI Finance memiliki tiga jenis pembiayaan meliputi:

Pertama, pembiayaan modal kerja, investasi dan multiguna. Ini ditujukan untuk kebutuhan produktif seperti modal kerja, investasi dan pengembangan usaha, maupun untuk kebutuhan konsumtif seperti biaya pernikahan, renovasi rumah, dan lain - lain.

Kedua, pembiayaan sales lease back, yakni pembiayaan untuk pembelian mesin dan alat berat baik baru, maupun bekas, untuk menunjang produktivitas usaha. 

Ketiga, pembiayaan tanpa agunan untuk kebutuhan pendidikan, perjalanan wisata, serta pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Pada tahun 2017, BFI Finance membentuk Unit Syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pembiayaan yang sesuai dengan prinsip - prinsip syariah.

per 31 Desember 2020, BFI Finance memiliki jaringan pemasaran terbesar di Indonesia, yakni terdiri dari 228 kantor cabang, dan 118 gerai yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Didukung pula oleh lebih dari 8.000 karyawan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait