Genjot Omzet, Fast Food Indonesia Tambah 27 Gerai KFC dan Taco Bell

 Zahwa Madjid
14 September 2022, 06:00
Fast Food Indonesia
Katadata | Arief Kamaludin
KFC

Pengelola gerai ritel KFC dan Taco Bell, PT Fast Food Indonesia Tbk berencana menambah 27 gerai ritelnya sepanjang 2022 ini demi meningkatkan pendapatan perusahaan pada 2022. Penambahan gerai terdiri dari 25 gerai KFC dan dua gerai Taco Bell. 

Direktur Fast Food Indonesia, Wahjudi Martono berharap penambahan gerai ini dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan perusahaan. Sampai akhir tahun, emiten berkode saham FAST ini memiliki target pendapatan sebesar Rp 6,3 triliun.

“Kami berharap dengan ekspansi ini dapat menambah pertumbuhan penjualan 26% dan proyeksi penjualan sebesar Rp 6,2 triliun hingga Rp 6,3 triliun,” kata Wahjudi Martono dalam Public Expose Live 2022, Selasa (13/9).

Tak berhenti di sana, Fast Food Indonesia juga menargetkan ekspansi gerai KFC sebanyak 30 toko dan gerai Taco Bell sebanyak lima toko pada tahun depan. Pengembangan usaha yang gencar ini diharapkan mampu menumbuhkan kinerja penjualan dengan kisaran 12%-15% dan proyeksi penjualan sebesar Rp 7,1 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan, Fast Food Indonesia mencatatkan pendapatan sebesar Rp 2868.98 miliar pada semester I 2022. Angka ini mengalami kenaikan 18,1% dari periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan juga mencatatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 32,66 miliar. Sebelumnya FAST mengalami rugi sebesar Rp 76,91 miliar pada semester pertama tahun 2021.

Sebelumnya, Fast Food Indonesia memperluas bisnisnya dengan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Hal ini dilakukan melalui kerja sama Partnership Investor Owned Investor Operate (IO2) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, serta PT Agra Surya Energy selaku mitra bisnis PT Fastfood Indonesia, Tbk.

Sebagai mitra, pihak KFC telah menyiapkan lahan, biaya investasi dan operasional SPKLU di lokasi tersebut. Sedangkan PLN sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) akan menyediakan infrastruktur SPKLU dan platform teknologi informasi melalui menu Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile.

Sebagai permulaan, Fastfood mengembangkan SPKLU di gerai KFC – Taco Bell Artha Gading, Jakarta Utara. Pengembangan usaha dilakukan demi mengakselerasi penyediaan infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik.

CEO Fast Food Indonesia Eric Leong mengatakan, pihaknya senang menjadi mitra bisnis PLN dalam meningkatkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. KFC menjalankan bisnis yang ramah lingkungan dan berkomitmen bahwa pelanggan bisa menikmati makanan ditambah fasilitas yang ada di KFC.

“Kerja sama ini menjadikan PT Fastfood Indonesia Tbk sebagai perusahaan publik di bidang ritel makanan cepat saji pertama yang berkecimpung di bisnis SPKLU,” ujar Eric dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (26/7).

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lavinda

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...