Indonesia dan WHO Kerja Sama Bangun Pusat Produksi Vaksin Covid-19

Image title
Oleh Maesaroh
30 Juli 2021, 18:19
vaksin covid, vaksin, vaksin covid-19, who, pusat vaksin, Indonesia
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). Indonesia dan WHO akan mengembangkan pusat produksi vaksin di Indonesia.

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan membangun global hub untuk produksi vaksin Covid-19 di Indonesia. Pusat produksi vaksin Covid ini akan mengembangkan metode pembuatan vaksin berbasis nucleic acid mRNA. 

“Saya sedang dalam finalisasi dengan WHO untuk bisa membangun global hub untuk vaksin dengan teknologi nucleic acid mRNA atau DNA di Indonesia.” kata Menteri Kesehatan dalam acara Sosialisasi Universitas Airlangga (Unair) mengenai Gerakan Aksi Bersama Serentak Tanggulangi Covid-19 (Gebrak Covid-19), Jumat (30/7).

Budi Gunadi berharap ahli biologi molekuler Universitas Airlangga dapat membantu Kementerian Kesehatan untuk meyakinkan WHO dalam rencana pembuatan pusat produksi vaksin tersebut.

“Saya sangat berharap ahli biologi molekuler dari Universitas Airlangga bisa bersama-sama dengan Kementerian Kesehatan meyakinkan WHO dan juga mendorong agar manufacturing teknologi vaksin ini bisa dilakukan di Indonesia.” kata Budi.

Budi juga meminta Universitas Airlangga untuk mempercepat uji klinis vaksin Merah Putih sehingga vaksin tersebut bisa segera diproduksi. Seperti diketahui, Program vaksin Merah Putih kini tengah dikembangkan oleh sejumlah perguruan tinggi Indonesia. Universitas Airlangga sejauh ini mampu melakukan pengembangan vaksin Merah Putih lebih cepat dibandingkan yang lain. 

Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga Surabaya (30/5) menyatakan bahwa vaksin virus corona buatan anak bangsa tersebut akan siap digunakan pada awal tahun 2022 setelah memperoleh hasil yang baik saat uji praklinik tahap I.

“Mengenai vaksinasi sekarang Unair sudah sangat maju. Tolong itu didorong (pengembangannya). Dorong supaya itu bisa lebih cepat (diproduksi),” ujar Budi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...