Indonesia Akan Tawarkan 133 Proyek ke Pengusaha Amerika Latin-Karibia

Image title
Oleh Maesaroh
20 September 2021, 14:38
Indonesia, Amerika Latin, investasi
Kementerian Luar Negeri
Forum Bisnis Indonesia –Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) 2021 akan digelar pada Oktober 2021

Indonesia kembali menggelar Forum Bisnis Indonesia –Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) bulan depan. Selain meningkatkan ekspor, melalui forum tersebut, Indonesia juga akan menawarkan setidaknya 133 proyek investasi kepada pengusaha Amerika Latin dan Karibia.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri I Gede Ngurah Swajaya mengatakan sebagian besar proyek yang akan ditawarkan adalah di sektor infrastruktur, pengembangan kawasan industri, serta pariwisata. 

Proyek-proyek tersebut akan ditawarkan lewat platform digital yakni ina-access.com. Nantinya, platform tersebut juga akan digunakan untuk memberikan informasi ataupun akses ke INA-LAC.

" E-catalogue 133 proyek investasi ready-to-offer di Indonesia di berbagai sektor hasil kerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM dan Bank Indonesia,"tutur I Gede Ngurah di media briefing, Senin (20/9).

 Hingga 18 September 2021, terdapat 514 total perusahaan yang telah terdaftar sebagai eksibitor, terdiri dari 347 perusahaan Indonesia dan 167 perusahaan asing  yakni 45 dari Eropa dan 122 dari Amerika Latin-Karibia.

Nilai investasi negara-negara Amerika Latin-Karibia di Indonesia terbilang masih sangat kecil. Dari 33 negara yang masuk dalam kawasan tersebut, hanya 14 negara yang sudah berinvestasi di Indonesia.  Total investasi negara-negara Amerika Latin-Karibia di Indonesia hanya US$ 1,4 juta dengan jumlah proyek mencapai 152. Brasil merupakan investor terbesar diikuti dengan Panama, Bolivia, dan Meksiko.

Meskipun sudah  ada 133 proyek yang ditawarkan, I Gede Ngurah mengatakan tidak menutup kemungkinan ada proyek lain di luar daftar yang akan menarik minat pengusaha Amerika Latin-Karibia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...