Waralaba Lokal Mulai Kuasai Pasar Dalam Negeri dan Merambah Regional

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Desember 2021, 16:10
waralaba, perdagangan
babarafiofficial/instagram
Kebab Turki Baba Rafi merupakan salah satu waralaba lokal yang banyak memiliki cabang di Indonesia

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan waralaba lokal kini menguasai pasar dalam negeri dan bersiap untuk merambah ke pasar regional.  Menurutnya, Indonesia juga tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing.

"Saya sangat bangga bahwa saat ini Indonesia tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing. Karena waralaba lokal sudah menjadi tuan rumah dan menguasai pasar dalam negeri bahkan mulai merambah ke pasar regional," ujar  Lutfi saat meresmikan acara Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021, Selasa (7/12).

Dengan kolaborasi antara pengusaha, pemerintah, dan asosiasi, Lutfi optimis semakin berdaya saing dan menembus pasar global.

Mantan Duta Besar RI untuk Jepang tersebut mengatakan waralaba masih terdampak oleh pandemi Covid-19.

Karena itulah, Lutfi berharap pelaku usaha waralaba mampu beradaptasi dengan kondisi normal baru. Salah satunya adalah menangkap bisnis dengan semakin banyaknya masyarakat yang beraktivitas di rumah.

Sebagai informasi, sejumlah waralaba lokal sudah merambah ke pasar ASEAN, di antaranya adalah Alfamart, J.CO Coffee & Donut, serta Kebab Turki Baba Rafi.

 Pada 2020, bisnis waralaba tetap dapat berkontribusi dalam penyerapan 628 ribu tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp 54,4 miliar.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sebanyak 2.300 peluang bisnis waralaba di dalam negeri.

Ia mengatakan, usaha waralaba merupakan usaha yang menguntungkan dalam jangka waktu lima tahun.

"Peluang bisnis yang saya terima ada 2.300. Pemerintah hadir untuk memastikan peluang ini dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Oke dalam acara 'Indonesi Franchise Forum dan Biz Fest 2021', Selasa (7/12).

Berdasarkan data Kemendag yang dipaparkan Oke, pada tahun 2021 waralaba asing yang masuk pasar dalam negeri adalah sebanyak 124, meningkat dibanding tahun 2020 sebanyak 120.

Sementara itu, jumlah waralaba Indonesia yang tercatat pada tahun 2021 hanya 107, meningkat dari tahun 2020 sebanyak 105.

 Kemendag menggelar Indonesia Franchise Forum dalam rangka membuka ajang Biz Fest 2021 yang mulai berlangsung 7 hingga 13 Desember mendatang.

Kegiatan Biz Fest 2021 digelar untuk mendorong bisnis waralaba agar kembali pulih sejak terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...