KKP Gaet Angkasa Pura Untuk Persingkat Waktu Ekspor Produk Perikanan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Januari 2022, 15:02
ekspor, perikanan, ikan, angkasa Pura
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.
Pekerja mengumpulkan ikan di tempat pelelangan ikan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Senin (6/12/2021). KKP menyatakan selama periode Januari hingga Oktober 2021, nilai ekspor produk perikanan indonesia mencapai 4,56 Miliar dolar AS atau naik 6,6% dibanding periode yang sama tahun 2020

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan untuk mempertahankan keberterimaan produk kelautan dan perikanan ke 171 negara di seluruh dunia.  Sebagai bagian dari upaya tersebut, KKP akan meningkatkan kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (AP II) untuk mengamankan ekspor.

Plt. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Hari Maryadi mengatakan kerja sama dengan AP II  akan membantu upaya dalam menjamin mutu ekspor perikanan Indonesia.

Kerja sama dengan PT Angkasa Pura II akan  meningkatkan kegiatan ekspor langsung (direct call) produk perikanan dari berbagai bandara di Indonesia ke negara tujuan.
Penerbangan langsung juga akan mempersingkat masa tempuh perjalanan ekspor.

 Ia mengatakan, direct call mampu mengatasi persoalan yang dihadapi oleh pelaku usaha seperti beban biaya operasional saat melakukan ekspor.

Adapun, prioritas negara tujuan direct call di antaranya, Tiongkok, Jepang, Singapura, dan Vietnam

Selama ini ekspor produk perikanan dilakukan melalui bandara-bandara transit seperti Soekarno-Hatta dan Juanda.

Hal ini menyebabkan biaya operasional menjadi tinggi dan terdapat risiko penurunan kualitas produk akibat waktu tempuh yang relatif lama.

Hari berkomitmen untuk meningkatkan ekspor langsung produk perikanan pada 2022. 

Terlebih, potensi produksi perikanan Indonesia mencapai 916,2 ribu ton di Pulau Sumatera, 247 ribu ton di Kalimantan serta 232,4 ribu ton di Pulau Jawa.

"Intinya kita siap mendukung akselerasi agar produk bersertifikat untuk menjamin mutu dan keamanan serta meningkatkan daya saing," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...