Tingkatkan Produktivitas, Kementan Dorong Budidaya Padi IP400

Image title
Oleh Maesaroh
7 Februari 2022, 20:45
padi, kementan
@Syahrul_YL/twitter
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lahan pertanian di Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan,

Kementerian Pertanian terus mendorong pengembangan pengembangan budidaya padi IP400 atau penanaman padi 4 kali setahun. Sistem budidaya tersebut diharapkan semakin meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

 Salah satu wilayah yang menerapkan budidaya IP400 adalah Bulukumba, di Sulawesi Selatan. Luas lahan yang menggunakan budidaya IP400 mencapai 250 hektare.

Advertisement

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan akan memperluas pengembangan budidaya padi IP400 menjadi 2.000 hektare pada tahun ini. Bila berhasil, jumlah tersebut akan ditingkatkan lagi hingga 10.000 hektare.

"Pertanian Bulukumba tidak boleh kalah dengan daerah lain. Program padi IP400 ini adalah upaya mendorong produktivitas, produksi dan kesejahteraan petani dengan bertani yang maju, mandiri dan modern," tutur Yasin Limpo saat mengunjungi Bulukumba akhir pekan lalu, seperti disampaikan dalam keterangan resmi Senin (7/2).

 Dia menambahkan kunci program IP400 adalah menggunakan benih genjah, kualitas unggul, pupuk berimbang, pupuk organik dan manajemen air irigasi.

Syahrul menjelaskan dengan produktivitas 5 ton perhektar, penghasilan diperoleh petani Rp 30 juta perhektar.

"Jika 1.000 hektar, penghasil diperoleh Rp 30 miliar permusim tanam dan jika musim tanam 4 kali setahun, diperoleh Rp 120 miliar. Artinya penghasilan petani mencapai Rp 10 juta perbulan. Bisa kita hitung jika luasanya meningkat menjadi 2.000 hektar. Stok beras kita makin tangguh," tambah Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut.

Dia juga berharap pengembangan budidaya padi di Bulukumba harus ditingkatkan kualitasnya.

Peningkatan kualitas terutama di bagian penggilingan padi (rice milleng unit/RMU) sehingga kapasitas penggilinganya naik dan beras yang menghasilkan berkuitas tinggi.

 Peningkatan tersebut diharapkan bisa membuat Bulukumba tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sendiri tapi juga ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement