Ini Alasan Sejumlah Brand Masuk ke Metaverse

Image title
Oleh Maidian Reviani - Tim Publikasi Katadata
5 April 2022, 20:03
Ini Alasan Sejumlah Brand Masuk ke Metaverse
Katadata

Metaverse sebagai sebuah terobosan inovasi teknologi mulai menjadi tren dunia baru. Metaverse yang mampu menawarkan banyak aktivitas virtual dengan pengalaman layaknya dunia nyata akan mempengaruhi perkembangan ekonomi digital.

CEO & Co-Founder WIR Group Michael Budi mengatakan, metaverse dengan perangkat augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dapat digunakan oleh masyarakat luas dan perusahaan. Tujuan penggunaan metaverse untuk meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan penjualan. Ia mengapresiasi banyak brand yang saat ini berlomba masuk metaverse.

Advertisement

"Saat ini banyak yang berlomba masuk metaverse karena infrastruktur yang sebelumnya lebih mahal, kini lebih terjangkau," kata Michael dalam webinar Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2022 dengan tema ‘How Will Metaverse Change The World’, Selasa (5/2/2022).

Ia menambahkan, dengan platform metaverse, orang tidak hanya mengkonsumsi namun juga menghasilkan atau memproduksi. Contohnya, saat ini gen Z menghasilkan konten di Youtube. Konsep menghasilkan pada metaverse yang dapat digunakan secara umum berlaku juga untuk UMKM dan semua toko.

"Semua bisa memproduksi sesuatu dan menghasilkan di dalamnya," ujar Michael.

WIR Group sendiri merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang merambah teknologi metaverse. WIR Group yang berdiri sejak 2009 ini sudah melayani lebih dari seribu proyek di 200 negara untuk pembuatan toko virtual dan perangkat internet of things berbasis augmented reality.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement