Starbucks Buka Gerai Pertama di Papua pada Agustus 2020

Starbucks bakal membuka dua gerai yaitu di Timika dan Jayapura. Dengan pembukaan tersebut maka Starbucks resmi hadir di 34 kota di Indonesia.
Martha Ruth Thertina
2 Maret 2020, 19:34
Starbucks, Papua, Starbucks Buka Gerai di Papua
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gerai Starbucks di kawasan Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat (4/4).

Starbucks berencana membuka dua gerai pertamanya di Papua tahun ini. Pembukaan gerai dijadwalkan terlaksana pada Agustus, dua bulan sebelum gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 terselenggara di Bumi Cendrawasih.

Pengumuman rencana tersebut dilakukan pada 27 Februari lalu di sela-sela forum Green Investment yang antara lain dihadiri Menteri Koordinator Kelautan dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan pemerintah daerah Papua dan Papua Barat.

“Ini merupakan ambisi kami untuk memastikan keberadaan kami yang inklusif dan dapat diperoleh oleh semua orang Indonesia,” kata CEO PT Sari Coffee Indonesia Anthony Cottan saat pengumuman sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Starbucks dengan pengelola mal tempat gerai akan dibuka.

(Baca: Luhut Sebut Starbucks Tertarik Investasi Hijau di Papua)

Advertisement

Sari Coffee merupakan pemilik lisensi eksklusif untuk operasional Starbucks di Indonesia. Sari Coffee merupakan anak usaha raksasa retail Mitra Adiperkasa yang berdiri atas kemitraan dengan Starbucks Coffee Internasional.

Rencananya, Starbucks bakal membuka satu gerai di Diana Mall, Timika, Papua Barat, dan satu gerai lainnya di Jayapura Mall, di Jayapura, Papua. Ini akan menandai ekspansi Starbucks ke kota yang ke-33 dan 34 di Indonesia.

Anthony mengatakan kehadiran gerai ini bukan hanya untuk memudahkan pelanggan merasakan Starbucks Experience, tapi juga menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat, meningkatkan pengetahuan akan kopi yang spesial, serta mendukung percepatan pembangunan Papua.

(Baca: Pemerintah Luncurkan Konsep Investasi Hijau di Papua dan Papua Barat)

Perwakilan dari Jayapura Mall Johannes Wille Makatita menyambut positif pembukaan gerai Starbucks. “Pelanggan kami di Jayapura Mall sering bepergia dan selalu bertanya kapan STarbucks akan hadir di kota ini. Akhirnya, permintaa mereka terjawab,” ujarnya.

Respons senada disampaikan pemilik Diana Mall Steven Tan. “Kami senang karena Starbucks akhirnya akan hadir di sini, terlebih karena salah satu gerai pertamanya di kita ini akan hadir di Diana Mall. Kami di sini sudah siap untuk menyambut berbagai merek ternama lainnya,” kata dia.     

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait