Angin Segar Mudik Lebaran bagi Industri Bus

Muchamad Nafi
14 April 2022, 09:49
Angin Segar Mudik Lebaran bagi Industri Bus
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Banten, Selasa (12/4/2022).

Pemerintah memperkirakan puluhan juta orang akan mudik pada Lebaran 2022 kali ini. Aneka moda hendak dimanfaatkan masyarakat menuju kampung halamannya. Tentu hal itu menjadi berkah tersendiri bagi sektor transportasi. PT Hino Motors Sales Indonesia pun menyambut dengan gembira.

Chief Operating Officer Hino Motors Santiko Wardoyo mengatakan mudik Lebaran ini berdampak sangat bagus bagi pebisnis bus. “Akan bangkit setelah sektor ini sangat terkena dampak dari pandemi di mana dua tahun ini tidak dibolehkan untuk mudik Lebaran,” kata Santiko dalam keterangan resminya, Kamis (14/04/2022).

Menurut dia, secara umum, prediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh mulai terlihat. Memang untuk belanja bus baru belum nampak. Tapi dengan kondisi pandemi corona yang terus menurun dan mudik diperbolehkan, dia optimistis ke depannya makin positif.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan berbagai program dan layanan dalam mendukung operasional bus selama libur Lebaran dan akhir pekan. “Bus merupakan salah satu segmen kami sehingga kami tetap berikan support. Dengan dibolehkan mudik, kami berharap bisnisnya naik lagi,” ujarnya.

Animo masyarakat yang hendak mudik menggunakan bus mulai terlihat, bahkan dalam dua hari ini. Penjualan tiket bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) mulai diserbu. Total pemesanan tiket bus telah naik tiga kali dari hari biasa. 

Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, misalnya, mencatat tiket yang telah terjual ke arah Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 29 April 2021 mencapai 564 penumpang yang tersebar di 15 armada bus. Lonjakan pemesanan tiket bus paling tinggi yaitu untuk perjalanan 27-29 April 2022.

Kementerian Perhubungan menyatakan, mayoritas orang akan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk mudik. Masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi diperkirakan mencapai 36,17 juta orang atau 45,5% dari total pemudik. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...