Apakah Menyimpan Produk Berbahan Retinol Harus di Kulkas?

Image title
Oleh Tim Redaksi
2 Agustus 2022, 19:58
Apakah Menyimpan Produk Berbahan Retinol Harus di Kulkas?
Freepik
Ilustrasi

Informasi mengenai produk berbahan retinol kerap dicari masyarakat. Banyak pertanyaan menyeruak mengenainya. Satu di antaranya mengenai cara penyimpanan produk yang mengandung bahan retinol. Perlukah dimasukan lemari pemari pending atau kulkas?

Praktisi bidang kecantikan dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK menyatakan, produk perawatan kulit yang mengandung retinol tidak harus disimpan di kulkas. “Mungkin ada yang pernah lihat petunjuk penyimpanan produk-produk dengan retinol di kulkas. Sebetulnya enggak harus,” kata Sari yang juga VP of RnD PT Paragon Technology and Innovation di Jakarta, Selasa kemarin.

Menurut Sari, jika produk perawatan tersebut sudah diformulasikan dengan baik, penyimpanannya cukup dalam suhu ruangan saja. Sebagai contoh, meletakannya pada meja rias di kamar atau di kamar mandi selama tidak terlalu lembab.

Hal yang tidak dianjurkan dalam menyimpan kosmetik atau produk perawatan kulit adalah pada suhu panas yang ekstrem. Misalnya, meninggalkan produk skincare di dalam mobil pada siang hari.

Sari menyatakan, sebelum diluncurkan, produk tersebut sudah melewati berbagai uji dalam suhu yang ekstrem, misalnya di dalam freezer atau oven. Sebuah produk yang bisa disimpan dalam suhu ruangan beraarti produk tersebut telah melewati masa uji ekstrem sebelum diluncurkan.

Apa Manfaat dan Efek Samping Retinol?

Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A. Sebagian besar bahannya ada dalam produk skincare. Kandungan senyawa ini memiliki banyak fungsi, dari memperbaiki tekstur kulit, mengatasi jerawat, hingga dinilai bisa mencegah penuaan dini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...