Pelindo Kendalikan Operasional Pelabuhan se-Indonesia dari Belawan

Redaksi
Oleh Redaksi
19 Desember 2022, 23:25
Pelindo Kendalikan Operasional Pelabuhan se-Indonesia dari Belawan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas di kawasan Pelabuhan Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

PT Pelabuhan Indonesia terus melakukan transformasi layanan jasa kepelabuhan. Kali ini melalui anak usahanya, PT Pelindo Multi Terminal, membangun sebuah alat kendali tersentral di Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Penggunaan dukungan digitalisasi sistem informasi pada layanan operasional perusahaan ini menjadi babak baru dalam pengelolaan terminal non-petikemas di Indonesia.

“Layanan operasional berbasis planning and control telah dimulai di beberapa branch di Pelindo Multi Terminal di yang dikontrol secara terpusat melalui Multipurpose Terminal Control Center, (MTCC)” kata Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Ridwan Sani Siregar dalam pernyataan resminya, Senin (19/12).

MTCC merupakan pusat kontrol terpadu untuk memantau secara langsung kegiatan operasional pelabuhan di seluruh wilayah kerja Pelindo Multi Terminal. Di antara pelabuhan yang dikelola tersebut yaitu Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal alias IPCC.

Pada November 2022, proses ujicoba MTCC telah berjalan melalui pusat kontrol terpadu di Belawan. Pusat kendali ini langsung terkoneksi dengan stasiun Multipurpose Terminal Control di Tanjung Intan Cilacap dan Jamrud Surabaya. Dari titik-titik ini terhubung ke seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo Multi Terminal.

Saat ini, Pelindo Multi Terminal mengelola 10 branch Terminal yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Pelindo Multi juga mengelola dua anak perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal, yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...