Penangkapan Travel Gelap di Jakarta Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
30 April 2021, 10:45

Foto: Menjaring Travel Gelap Pengangkut Rombongan Pemudik

Pemerintah telah melarang mudik Lebaran untuk mencegah membludaknya kembali kasus positif Covid-19. Namun tetap saja ada gelombang kembali ke kampung halaman, termasuk melalui jalur darat. Di antara mereka ada yang memanfaatkan jasa transportasi travel

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun mulai menindak travel gelap yang membawa penumpang mudik keluar Jakarta dan sekitarnya. Sejak pengetatan larangan mudik, Polda Metro Jaya sudah mengamankan setidaknya 115 travel gelap.

"Travel gelap yang berupaya mengangkut penumpang keluar dari Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Sebanyak 115 travel gelap itu terjaring razia pada 27-28 April 2021 di sejumlah titik di ruas jalan tol, arteri, hingga jalur tikus yang kerap digunakan mereka untuk mengangkut penumpang. "Kami sudah evaluasi. Jalur-jalur tikus yang tembus sudah kami tutupi dan bangun pos pengamanan di situ," ujar Yusri.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penindakan kepada 115 travel gelap ini bermula dari patroli dunia maya. Dia menyebut ada temuan banyak travel gelap yang menggunakan media sosial untuk melakukan transaksi dengan calon penumpang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.