Berburu Sinar Lampu Bus Malam di RM Sari Rasa Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
21 Agustus 2021, 08:00

Foto: Berburu Sinar Lampu Bus Malam di RM Sari Rasa Kendal

Matahari perlahan terbenam. Lalu, langit berwarna jingga. Rumah Makan Sari Rasa Weleri, Kendal, Jawa Tengah, pada Kamis 19 Agustus 2021, mulai ramai oleh bus yang dibalut warna-warni sinar lampu neon. Satu per satu moda transportasi dari dalam dan luar Pulau Jawa berdatangan.

Tak hanya penumpang dan awak bus yang turun meramaikan rumah makan di sisi jalan Jenasari Utara, Pucangrejo, Weleri tersebut. Oarang-orang dari wilayah setempat, bahkan luar kota, juga berdatangan untuk sekadar merekam dan mengabadikan momen puluhan bus parkir di rumah makan yang beroperasi 24 jam ini.

Zaki, misalnya, sengaja datang ke RM Sari Rasa Weleri untuk mengabadikan puncak warna-warni sinar neon bus antar-kota saat menjelang malam. "Saya sengaja berangkat langsung dari Semarang, Jawa Tengah," kata lelaki 34 tahun ini .

Tak sedikit kaum perempuan juga hadir untuk merekam sorot lampu yang berpancar dari bus. Merah, kuning, dan biru menjadi warna dominan.

Rupanya, kelap-kelip lampu juga memberikan keuntungan bagi awak bus. Herman Jatmiko, sopir bus, mangatakantak sedikit pehobi atau pecinta bus sengaja ikut bus yang ia kendarai hanya untuk menikmati perjalanan tanpa tujuan.

"Biasanya mereka udah boking. Ada dari Jakarta ke Surabaya dan kembali lagi ke Jakarta," kata Herman. Dia mengira lakon para "busmania" ini sekadar untuk relaksasi atau menghilangkan penat. "Tak jarang dari mereka memberi kami tip kalau sudah sampai tujuan."

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.