Nestapa di Hari Raya, Cerita Korban Kebakaran Pasar Gembrong Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
5 Mei 2022, 10:55

[Foto] Nestapa di Hari Lebaran, Nasib Korban Kebakaran Pasar Gembrong

Idul Fitri merupakan momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Namun duka masih menyelimuti warga Pasar Gembrong, Jakarta, Rabu (4/5/2022). Mereka harus menelan pil pahit di Lebaran 2022. Rumah yang biasa dijadikan tempat berkumpul sanak saudara hangus setelah kebakaran pada Minggu 24 April 2022 lalu.

Rahmat, salah satu Ketua RT di sana, menyatakan masih ada sekitar 115 kepala keluarga yang mengungsi. Saat ini mereka masih bertahan di tenda-tenda pengungsian di sepanjang kolong Tol Cililitan. Warga yang berasal dari Yogyakarta, Cirebon, Indramayu, dan Tegal pun terpaksa menunda mudik, seperti dialami Khadijah (42). "Semua ludes. Padahal saya sudah siapin semua, tinggal berangkat esoknya," ujar perempuan asal Yogyakarta itu.

Khadijah sangat terpukul. Dia hanya bisa pasrah atas apa yang menimpa dirinya dan warga yang lain. Biasanya dia memasak opor dan aneka makanan untuk keluarga. Momen Lebaran merupakan waktu yang ditunggu-tunggu untuk saling berkunjung satu sama lain.

Namun para pengungsi terlihat hangat. Mereka bercengkrama dan saling menguatkan satu sama lain. Para anak-anak pun memanfaatkan donasi pakaian yang ditumpukan menjadi wahan permainan barunya, seolah tidak terjadi apa-apa.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.