Derrick Michael: Terima Kasih Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir dianggap selalu mendukung basket Indonesia.
Padjar Iswara
24 Mei 2022, 22:19
Derrick Michael, salah satu anggota tim nasional (timnas) bola basket Indonesia berterima kasih kepada Erick Thohir.
ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj.
Pebasket Indonesia Michael Derrick menembakkan bola ke arah basket Tim Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 sehingga memastikan diri menjadi peraih medali emas dan sekaligus merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan Tim Basket Indonesia di SEA Games.

Derrick Michael, salah satu anggota tim nasional (timnas) bola basket Indonesia berterima kasih kepada Erick Thohir.

Penyebabnya, Menteri BUMN tersebut telah mendukung timnas bola basket sehingga bisa mempersembahkan medali emas SEA Games 2021 Vietnam untuk Indonesia.

"Saya persembahkan gold medal ini buat seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih kepada Pak Erick (Thohir) yang selalu support basket Indonesia," kata Derrick Michael dalam video yang diunggah dalam akun instagram resmi @erickthohir, Senin 23 Mei 2022.

Dalam cuplikan video yang dibagikan akun tersebut, tampak juga anggota timnas bola basket menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat naik podium.

Advertisement

Selain itu ada juga cuplikan detik-detik terakhir Indonesia mengalahkan Filipina di partai puncak, Minggu, 22 Mei 2022. Terlihat para penonton dan pendukung Indonesia antusias berjingkrak-jingkrak di pinggir lapangan menyambut kemenangan dan medali emas timnas bola basket Indonesia tersebut.

Dalam video tersebut, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan timnas bola basket Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021.

"Tidak ada kata yang dapat terucap selain bersyukur, bersyukur, bersyukur. Bangga #BasketIndonesiaJuara! Kemenangan ini untukmu Indonesia!!" kata Erick Thohir dalam unggahannya tersebut.

Di final SEA Games Timnas bola basket Indonesia berhasil mengalahkan timnas Filipina, peraih emas 18 kali cabang bola basket SEA Games, dengan skor ketat 85-81.

Ini kali pertama Indonesia meraih emas di cabang bola basket putra sejak 1977. Sebelum mencapai prestasi medali emas ajang pesta olahraga Asia Tenggara ini, prestasi terbaik Indonesia di SEA Games, yaitu empat kali meraih medali perak dan tiga medali perunggu.

Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mampu mematahkan dominasi Filipina yang menjadi raja bola basket di kawasan Asia Tenggara dalam 33 tahun terakhir.

Sebab, medali emas cabang bola basket di SEA Games sudah identik menjadi milik Filipina. Mereka selalu meraihnya dalam 13 SEA Games terakhir secara berturut-turut.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait