BNI dan ITB Sinergikan Campus Financial Ecosystem

BNI dan ITB telah melakukan Kick Off Campus Financial Ecosystem dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Ekosistem Keuangan Perguruan Tinggi
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
18 Februari 2022, 16:45
BNI kerja sama dengan ITB
BNI
(Ki-ka) Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh dalam acara Kick Off Campus Financial Ecosystem BNI dan ITB, Jumat (18/2/2021).BNI berkomitmen terus melakukan ekspansi program digitalisasi kampus. Kali ini berkolaborasi dengan ITB untuk memberikan pelayanan lengkap bagi seluruh civitas akademika melalui program BNI Campus Financial Ecosystem.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) kembali melakukan ekspansi program Campus Financial Ecosystem guna mengukuhkan fungsinya sebagai bank kampus awal tahun ini.

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik kali ini BNI menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk masuk dalam program Campus Financial Ecosystem dan mendukung kebutuhan dunia pendidikan melalui layanan terbaik dan solusi transaksional yang lebih terdepan.

BNI dan ITB telah melakukan Kick Off Campus Financial Ecosystem dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Ekosistem Keuangan Perguruan Tinggi. Acara ini dilaksanakan secara virtual pada Jumat, 18 Februari 2022.

Kerja sama strategis ini langsung dihadiri oleh Rektor ITB Reini Wirahadikusumah beserta jajarannya Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring.  Sementara itu, dari Sis Apik Wijayanto hadir langsung secara virtual.

Sis Apik menuturkan BNI telah memiliki sejarah dan hubungan kerja sama yang amat panjang dengan ITB, yakni sejak 1971. Dengan MoU ini, BNI dan ITB setuju dalam mengintegrasikan layanan payroll menggunakan Payment Application Programming Interface (API), layanan Integrated Cash Management dan penerbitan kartu co-branding Uang Elektronik Perbankan.

Selain itu, MoU juga mencakup integrasi layakan Program Pascasarjana ITB dan Fleksi Pendidikan, serta Early Recruitment Program (ERP). BNI juga menyiapkan program Digital Entrepreneur untuk mendukung UMKM binaan ITB melalui program BNI Edu Preneur. “Kami mengapresiasi ITB atas kerja sama yang telah dibangun selama ini,” ujar dia.

Sis Apik menjelaskan, BNI akan meningkatkan layanannya dengan memberi solusi keuangan yang terintegrasi berbasis digital dan sesuai dengan kebutuhan segenap Civitas Akademika.  

"Mulai solusi keuangan bagi Kampus ITB, dosen atau staff pengajar, staff pegawai, mahasiswa, bahkan lebih luas lagi, sampai dengan keluarga mahasiswa dan pelaku usaha di sekitar kampus ITB,” katanya.

Reini Wirahadikusumah menuturkan BNI Campus Financial Ecosystem merupakan program sangat tepat sebagai solusi keuangan yang lengkap bagi ITB.

Terlebih program tersebut mampu penyediaan solusi digital terintegrasi yang memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan kegiatan di ekosistem kampus baik berupa Corporate Support, Cash Management System, Layanan Produk Consumer, Recruitment, Wirausaha serta solusi IT lainnya.

“Kami tentunya sangat berharap dengan ekosistem closed loop ini dosen atau staff pengajar, staff pegawai, mahasiswa, dan lebih luas lagi, sampai dengan keluarga mahasiswa ITB,” ujarnya.

Reini mengungkapkan sebelumnya BNI juga telah bekerja sama dengan ITB meliputi beberapa layanannya dan terbukti mampu memudahkan transaksi serta pengelolaan keuangan kampus.

Di antaranya Cash Management, Student Payment Center (SPC) Host to Host, Payroll, Penggunaan Kartu Tanda Mahasiswa  BNI Griya dan Fleksi pegawai, Kartu Kredit Affinity  (ITB Card), Kerja sama BNI AM-ITB Harmony untuk pengelolaan endowment fund/ dana abadi ITB serta Rekrutmen dan Magang Mahasiswa.

Selain kerja sama dengan Corporate ITB, BNI juga sangat mendukung upaya pemulihan ekonomi para UKM binaan Alumni ITB dengan pembentukan ekosistem keuangan kelembagaan sekaligus Pemberdayaan UKM Alumi ITB melalui Program BNI Edupreneur.

Tentunya, kata Reini, kerja sama yang telah dibangun ini menjadi lebih lengkap lagi. Apalagi, ITB dan BNI juga telah bekerja sama dalam penerbitan Kartu Ikatan Alumni ITB yang ditujukan untuk memastikan keberlangsungan hubungan kampus dengan para alumninya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait