Perkuat Pasar Global, Telin dan Expereo Umumkan Kemitraan Strategis
PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk. (Telkom) yang berfokus pada bisnis telekomunikasi internasional bersama Expereo International B.V. (Expereo), provider global managed Internet dan jaringan hibrid, SD-WAN, serta solusi konektivitas cloud, mengumumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di World Trade Center Amsterdam (2/9).
MoU tersebut dalam rangka kolaborasi untuk mengembangkan strategi go-to-market bersama penyediaan konektivitas internet dan layanan akselerasi serta optimalisasi cloud SD-WAN.
Penandatangan MoU dilakukan oleh Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba bersama Chief Executive Officer Expereo, Irwin Fouwels, dan disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas serta Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, Kementerian BUMN terus mendorong agar perusahaan negara Go Global. Tentunya dengan kunci kolaborasi. “Semoga kerja sama ini bisa mengantarkan Telkom untuk terus memperluas jejak digitalnya ke seluruh dunia," katanya.
Kemitraan strategis antara Telin dan Expereo diharapkan dapat menciptakan nilai tambah, harga kompetitif dan model komersial. Hal itu berujung pada strategi go-to market yang memungkinkan Expereo menawarkan layanan Telin kepada pelanggan potensial secara global.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menjelaskan, Eropa merupakan salah satu fokus perusahaan untuk mengembangkan bisnis ke depan. Bisnis Telin di Belanda berkembang sangat baik dengan pertumbuhan lebih dari 32%.
Selain layanan kepada wholesaler dan global carrier operators, Telin juga memberikan layanan dan solusi kepada segmen enterprise, di antaranya perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di luar negeri serta kantor pemerintahan Indonesia seperti kedutaan besar.
Penandatanganan MoU antara Telin dan Expereo ini merupakan momentum yang baik dalam rangka meningkatkan kapabilitas kedua belah pihak, “sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada customer serta munculnya peluang lain ke depan,” ujarnya.